Basarnas Tambah Satu Kapal Produksi Galangan Batam

Basarnas meluncurkan 3 kapal baru. Satu unit di antaranya dibangun PT Karimun Anugerah Sejati yang akan dioperasikan di perairan Kepri.
Basarnas meluncurkan 3 kapal baru. Satu unit di antaranya dibangun PT Karimun Anugerah Sejati yang akan dioperasikan di perairan Kepri. Saat ini Basarnas memiliki dua kapal, tujuh unit rescue boat ukuran 28 dan 20 unit  ukuran 36.

KAPAL  Negara ‘Bisma’ dengan nomor lambung 239 milik Badan SAR Nasional (Basarnas) produksi galangan PT Karimun Anugerah Sejati (KAS) Batam, diluncurkan di perairan Tanjung Uncang, Batam, pekan lalu.

Peluncuran yang ditandai pemotongan tali tros oleh Sekretaris Utama Basarnas, Dadang Arkuni, disaksikan sejumlah pejabat Basarnas, manajeman PT KAS, Biro Klasifikasai Indonesia (BKI), surveyor pembangunan kapal, serta tenaga ahli dan pekerja yang membangun kapal berbahan aluminium dengan ukuran panjang 40 meter.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Utama Basarnas Dadang Arkuni mengatakan, SAR laut merupakan garda terdepan dalam pencarian dan pertolongan korban di laut. Untuk itu, Basarnas perlu meningkatkan pelayanan dengan melengkapi alat utama, seperti kapal.

Dikatakan, Indonesia sebagai negara maritim dengan cakupan laut yang luas dengan gelombang tinggi di musim tertentu, Basarnas harus selalu siap melaksanakan operasi SAR. Ia menilai kapal SAR Bisma yang memiliki manuver tinggi dan dilengkapi peralatan modern, dapat melakukan pencarian dan pertolongan korban kecelakaan di laut.

“Saya mengucapkan terimakasih, kapal dikerjakan sesuai target selama 222 hari dengan penuh tanggung jawab,” ujarnya.

Menurut Dadang, saat ini Basarnas memiliki 2 kapal, 7 unit rescue boat ukuran 28 dan 20 unit rescue boat ukuran 36.  Semuanya terbuat dari fiberglas dan akan dimodernisasi dengan bahan aluminium, sehingga kebutuhan kapal ideal di daerah yang meliputi 34 kantor SAR dan 68 Pos di seluruh Indonesia, dapat terpenuhi.

Ditambahkan, pada tahun ini Basarnas meluncurkan 3 kapal baru. Satu unit di antaranya dibangun PT Karimun Anugerah Sejati yang akan dioperasikan di perairan Kepri.

Direktur PT Karimun Anugerah Sejati, Jacky Sucipto menyatakan terima kasih atas kepercayaan Basarnas untuk membangun 1 unit kapal. Ia berkomitmen untuk membangun kapal dengan kualitas terbaik dan tepat waktu demi menunjang operasi Basarnas dalam memberikan pertolongan dan penyelamatan di laut.

Sementara itu, Project Manajer PT KAS Guntur Ristiyono mengatakan, KN Bisma 239 juga dilengkapi alat pencarian objek bawah air dengan kedalaman hingga 1.000 meter, dan alat pencarian korban di laut. “Jadi kapal ini cukup modern dan sangat cocok untuk wilayah perairan Indonesia,” katanya kepada Maritim. (Amrullah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *