KM Sabuk Nusantara Pelni Kandas di Jampea Selayar

  • Whatsapp

Rencananya  malam ini kapal akan mencoba olah gerak untuk lepas kandas setelah air pasang yang menurut tabel pasang surut pada malam  ini. “Semoga berhasil dan dapat melanjutkan kembali beroperasi melayani masyarakat dalam rangka angkutan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017,”

Kapal perintis Sabuk Nusantara yang dioperasikan PT Pelni dikabarkan kandas di perairan Benteng Jampea atau disebelah timur Pulau Katela Kecamatan Pasimasunggu Kabupaten Kepulauan Selayar. Sumber Tabloidmaritim.com menyebutkan kejadian kandasnya kapal tersebut pada  tanggal 28 Desember 2016 sekitar pukul 00.00 Wita. Kapal itu  rencananya akan bertolak meninggalkan pelabuhan Benteng Jampea menuju Pelabuhan Bonerate Pasimarannu Sulawesi Selatan. Namun karena kapal terlalu mendekati pantai dengan arus dan ombak yang kencang sehingga kapal terseret dan kandas.

Sumber mangatakan, KM Sabuk Nusantara membawa 43 penumpang dan awak kapal 18 orang.  Penumpang telah dievakuasi ke pelabuhan Jampea dengan menggunakan perahu motor rakyat.

Akibat peristiwa tersebut, KM.Sabuk Nusantara belum bisa dipastikan akan bisa melanjutkan pelayarannya. Kabarnya Nakoda Kapal telah meminta bantuan kepada pihak pelabuhan untuk dicarikan kapal tunda untuk menarik kapal dari atas karang yang dilaluinya.

Namun sumber menyebutkan, rencananya  malam ini kapal akan mencoba olah gerak untuk lepas kandas setelah air pasang yang menurut tabel pasang surut pada malam  ini. “Semoga berhasil dan dapat melanjutkan kembali beroperasi melayani masyarakat dalam rangka angkutan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017,” kata sumber.  (Habib)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *