Pelindo II Palembang Segera Terapkan Auto Gate System

  • Whatsapp
salah satu sudut terminal petikemas Pelabuhan Palembang
Salah satu sudut terminal petikemas Pelabuhan Palembang

Saat ini  sudah dilaksanakan ujicoba, Diharapkan  paling cepat  Februari  2017 ini sudah  diresmikan  implementasinya. Kini  sedang  dalam tahap persiapan-persiapan, karena ini  sangat terkait dengan  sistem  dari kantor pusat.

 

Maritim, Jakarta

Sebagai  bagian  peningkatan  layanan,  Pelabuhan Indonesia II  (Pelindo II) Cabang Palembang segera menerapkan  auto gate system  (AGS) di terminal petikemas.

General Manager  Pelindo II Cabang Palembang, Cheppy Rymetaatmadja  dalam  perbincangan dengan Maritim di ruang kerjanya, hari ini ( Rabu 11 Januri 2017) mengatakan,  layanan auto gate system diproyeksikan  dapat  diluncurkan  implementasinya pada Februari  2017.

“Saat ini  sudah dilaksanakan ujicoba, jadi  kita harapkan  paling cepat  Februari  2017 ini sudah  diresmikan  implementasinya. Kini  sedang  dalam tahap persiapan-persiapan, karena ini  sangat terkait dengan  sistem  dari kantor pusat,” kata  Cheppy  yang juga  didampingi oleh Advisor Humas, Pemasaran dan Pelayan Pelanggan, Fransiska Riana S.

Cheppy Rymetaatmadja

Dengan auto gate system, maka akan lebih mempercepat pelayanan keluar masuk trucking petikemas. Dalam hal ini, pihak Pelabuhan Palembang  akan  mendata truck pengangkut  ke dalam sistem  dan terintegrasi dengan sistem  layanan  kepelabuhanan yang terkait.

Selain  auto gate system, lanjut Cheppy, pihaknya juga sedang merencanakan  untuk menerapkan  layanan   Verified Gross Mass (VGM) atau wajib timbang terhadap petikemas ekspor  sebagaimana ketentuan    SOLAS (Safety of Life at Sea) produk IMO (International Maritime Organization) yang telah diratifikasi oleh Indonesia.

“Kewajiban VGM atau verifikasi berat kotor kontainer ini  tidak saja menyangkut keselamatan pelayaran, akan tetapi bagi kami sebagai operator  terminal juga sangat penting, karena menyangkut  safety peralatan bongkar muat kita,” ujar  Cheppy.

General  Kargo naik, Petikemas turun

Berdasarkan data, arus barang umum (general kargo)  di Pelabuhan Palembang  selama 2016 tercatat 183 ribu ton lebih. Terjadi peningkatan dibandingkan periode yang sama tahun 2015 yang tercatat sebesar 152 ribu ton lebih.

Sedangkan arus petikemas  melalui  pelabuhan itu selama tahun 2016 tercatat 137.074 TEU’s (twentyfoot equivalent units). Angka ini mengalami  sedikit  penurunan dibandingkan realisasi arus petikemas selama  tahun 2015 yang mencapai 137.685 TEU’s. [A.Habib)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *