DPRD NTT Kunjungi Pelabuhan Tenau

  • Whatsapp

Tenau Kupang, NTT – Maritim

Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), mengawali kegiatan Tahun 2017, dengan mengunjungi PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)/Pelindo III Cabang Tenau Kupang. Kedatangan para wakil rakyat Kamis lalu, bertujuan untuk memantau pelayanan jasa kepelabuhanan di Pelabuhan Tenau Kupang.

Kedpada tamunya, Boy Robyanto menjelaskan proses kegiatan jasa kepelabuhanan yang dilakukan oleh Pelindo III, mulai dari proses pengajuan Permohonan Pelayanan Kapal dan Barang (PPKB), layanan pemanduan dan penundaan, kegiatan stevedoring, cargodoring dan delivery.

Selain itu,  Boy juga menyampaikan rencana pembangunan fasilitas pelabuhan di Tenau Kupang seperti pembangunan terminal penumpang dan pemanfatan kerjasama fasilitas existing dermaga yang milik Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk wilayah Indonesia bagian timur khususnya di NTT yang berlokasi di empat wilayah yaitu Waingapu, Kalabahi, Ende-Ippi dan Maumere, yang akan dilakukan Pelindo III mulai Tahun 2017.

Pembangunan dan pemanfatan kerjasama fasilitas-fasilitas tersebut merupakan program Pelindo III antara lain dalam rangka membangun pusat pariwisata di wilayah timur dan untuk pertumbuhan perekonomian didaerah tersebut.

“Arus petikemas yang dicapai oleh Pelabuhan Tenau Kupang pada Tahun 2016 lalu, mencapai hingga 109.016 TEU’s. Capaian tersebut melebihi dari target yang ditetapkan yaitu 91.610 TEU’s. Hal itu membuktikan bahwa perekonomian di Kupang semakin menunjukkan trend positif karena arus barang makin meningkat dari tahun ke tahun,” jelas Boy.

Pada kesempatan itu, ketua Komisi III DPRD Provinsi  NTT, Drs. Hugo Rehi Kalembu, M.Si mengapresiasi Pelindo III atas pelayanan yang diberikan kepada stakeholder secara maksimal. Ujarnya: “Saya harap Pelindo III dapat terus meningkatkan layanannya”.

Ketua Komisi III DPRD NTT yang biasa disapa dengan panggilan Hugo ini menyatakan bangga mendengar terjadinya peningkatan arus barang yang terjadi di provinsi NTT, yang merupakan bukti signifikannya peningkatan kebutuhan barang yang diperlukan masyarakat NTT dan peningkatan perekonomian daerah.

Pada akhir penjelasannya, General Manager Pelindo III Tenau Kupang  juga menyampaikan rencana investasi yang akan dilakukan di Pelabuhan Tenau Kupang pada Tahun 2017  perluasan lapangan penumpukan petikemas seluas 4.530 m2 . Pungkasnya: “Rencana perluasan ini sangat penting karena setiap tahunnya terjadi peningkatan arus barang dalam bentuk petikemas yang cukup tinggi”. (ERICK A.M.)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *