Surabaya Segera Bangun Tanggul Laut

  • Whatsapp

Surabaya – Maritim

 BUKAN didasari keinginan meniru pembangunan tanggul laut di Jakarta, karena dalam sejarahnya Surabaya juga dikenal sebagai “kota dibawah level laut”. Itu sebabnya, di kota buaya ini banyak tempat yang namanya berasosiasi dengan air, seperti Kedungdoro, Kalibokor, Pulo sari, dan lain sebagainya, yang tak mengerankan bila tiap musim hujan ibukota Provinsi Jawa Timur ini selalu dirundung banjir. Berdasar fenomena itu, Tahun 2017 ini Pemerintah Kota Surabaya akan merealisasikan rencana pembangunan tanggul laut sepanjang 5 kilometer, mulai dari kawasan Greges  hingga Kalianak. Fungsi tanggul itu, tak sekadar mencegah banjir, tetapi utamanya sebagai jalan raya, yangmampu mencegah intrusi dan abrasi dari air laut.

“Proyek tanggul laut ini dipastikan akan digarap tahun ini, sehingga pada musim hujan mendatang kawasan langganan banjir dan rob, seperti di Surabaya utara, terutama Tambak Osowilangun, tak lagi terjadi,” kata Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya Selasa (24/1/2017).

Selain membangun tanggul, Pemkot Surabaya juga menambah rumah pompa agar ketika hujan bersamaan dengan air laut pasang, genangan di jalan ataupun permukiman cepat surut. Saat ini, Surabaya mengoperasikan 56 rumah pompa di semua wilayah kota berpenduduk 3,2 juta jiwa itu. (ERICK A.M.)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *