TPKS Tambah Ships Call

  • Whatsapp

Semarang – Maritim

Read More

Memasuki Tahun 2017 PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)/Pelindo III Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) berhasil mendatangkan beberapa kapal yang sandar di dermaganya. Berdasae fenomena tersebut, Erry Akbar Panggabena General Manager Pelindo III TPKS menyatakan optimismya bahwa jumlah ships call pada tahun ini akan mengalami peningkatan.

Kunjungan tambahan kapal pertama yang sandar di dermaga TPKS adalah MV Star River, berbendera Panama. Kapal berbobot 32.200 Gross Ton tersebut melakukan bongkar/muat di dermaga TPKS meliputi 343 boks setara 497 TEUs. Penambahan jumlah kapal yang sandar ini, menurut GM TPKS tak lepas dari peningkatan kedalaman alur di TPKS yang eksisting mencapai  –11 LWS yang mampu dilayari kapal-kapal berukuran besar, yang diharap jadi daya tarik bagi kapal – kapal lain yang akan mengirimkan atau memuat barangnya dari dan ke sekitar wilayah Jawa Tengah.

Menurut Erry, adanya tambahan kapal yang sandar di terminal yang dipimpinnya tersebut akan memberi nilai tambah terhadap perputaran roda perekonomian di Jawa Tengah, karena akan terdapat lebih banyak tambahan volume barang baik yang keluar maupun yang masuk di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya.

Dalam informasi yang diterima Maritim.com, kecuali Star River, kedepan masih terdapat dua kapal lagi yang akan sandar dan melakukan kegiatan bongkar muat di dermaga TPKS Dua kapal yang segera akan berkunjung adalah SITC Surabaya dan Wana Bhum. Ketiga kapal yang sudah dan akan berkunjung tersebut merupakan kapal – kapal internasional dengan rute Hochiminh – Jakarta – Semarang – Makasar – Xiamen – Qingdao – Shanghai – Ningbo.

Dengan adanya tambahan tiga kapal yang sandar tersebut, diharap akan menambah kinerja TPKS tahun 2017 ini. Dari data tahun 2016 dapat di;lihat kinerja TPKS terlihat sangat positiv,  berkat kinerja bongkar muat yang meningkat dibanding dengan kinerja bongkar muat pada tahun sebelumnya. Dari sisi ships call, pada tahun 2015 terjadi 701 kunjungan. Jumlah tersebut mengalami kenaikan pada tahun tahun 2016 menjadi 709 ships call. Sedang untuk tonase, pada tahun 2015 tercatat 10.548.541 GT dan pada tahun 2015 melonjak menjadi 11.616.498 GT. Untuk capaian produktivitas , pada tahun 2015 bongkar muat di TPKS tercatat pada angka 608.201 TEUs, dan pada tahun 2016 terjadi kenaikan hingga 615.132 TEUs. Dalam hitungan boks, pada tahun 2015 tercapai sebesar 375.654, dan pada tahun 2016 meningkat menjadi 384.640 box.

“Untuk tahun kerja 2017 ini kami berharap akan terjadi kenaikan  hingga 650.000 TEUs, berdasar analisis bahwa pasar untuk ekspor di Jawa Tengah masih terbuka lebar dan Pelindo III akan mendukung kebijakan pemerintah untuk mewujudkan jalur logistik yang capable, lebih murah dan lebih cepat, sehingga angkutan barang impor maupun ekspor, tidak perlu feeder ke Singapura, Malaysia maupun negara lainnya” pungkas Erry Akbar Panggabean. (ERICK A.M.)

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *