Deklarasi Kampung Bersih Pelindo III Banjarmasin

  • Whatsapp

Banjarmasin – Maritim.com

PT PELABUHAN Indonesia III (Persero/Pelindo III mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, dengan melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Kampung Bersih Permata di Banjarmasin. Fariz Hariyoso General Manager Pelindo III Cabang Banjarmasin mengatakan bahwa Pelindo III melalui program CSR berkomitmen membantu masyarakat. Salah satunya berupa pembinaan Kampung Permata yang merupakan wujud keberhasilan dari program Bina Lingkungan.

“Kampung Binaan ini merupakan program CSR tahun 2016. Pada tahun 2016 Pelindo telah menyalurkan dana CSR sebesar hampir satu milliar rupiah. Sedangkan tahun 2017 kita telah menganggarkan dana CSR sebesar 1,4 milliar rupiah,” ungkap Fariz.

Ibnu Sina. Walikota Banjarmasin yang hadir dalam acara tersebut menyatakan sangat senang dengan program Kampung Binaan Pelindo III yang hadir di Banjarmasin. Ungkapnya: “Saya harap akan ada perusahaan-perusahaan lain yang mengikuti jejak Pelindo III yaitu membantu masyarakat dalam mewujudkan lingkungan bersih, nyaman bagi kita semua”.

Kampung Permata merupakan pemukiman di Jalan Laksana Intan Kelurahan Kelayan Selatan Kecamatan Banjarmasin Selatan. Kampung ini semula dikenal sebagai “Kampung Texas” Banjarmasin karena pemukiman yang kurang tertata dan dan penuh dengan kegiatan negatif. Berbekal kesadaran masyarakat, mereka mulai melakukan penataan mulai dari pemanfaatan area bawah rumah yang tidak terpakai, pembersihan secara rutin saluran air, perbaikan jalan hingga pembentukan tim kebersihan beranggotakan para pemuda di kampung tersebut. Selain bantuan dana, Pelindo III juga memberi dukungan meningkatkan kebersihan di Banjarmasin dengan memberikan Motor roda tiga di Kampung Permata, Banjarmasin. Hasilnya membuat bangga masyarakat di kampung tersebut, selain dinobatkan sebagai salah satu kampung terbersih di Banjarmasin, tim kebersihan kampung itu tak hanya membersihkan sampah di wilayah mereka tetapi juga lingkungan sekitar Kampung Permata. Hal inilah yang menarik perhatian Pelindo III sehingga menjadikan Kampung Permata sebagai Kampung Binaan Pelindo III di Banjarmasin.

Diharap, kedepannya diharap Kampung permata dapat menjadi kampung hijau, berbasis ekologi dengan  pengelolaan sumber daya yang ada berdasar prinsip-prinsip keharmonisan dan rahmatan lil alamin. Artinya, didasarkan pada daya dukung lahan dan kondisi lingkungan sesuai dengan tagline Banjarmasin Baiman, Banjarmasin Barasih wan nyaman (Banjarmasin beriman, Banjarmasin bersih dan nyaman). ***(ERICK A.M.)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *