Dermaga Celukan Bawang Segera Diperpanjang

  • Whatsapp

Singaraja. Bali – Maritim.com

CELUKAN bawang pelabuhan yang berlokasi di Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, mulai dilirik untuk disinggahi kapal pesiar berukuran besar. Namun, daya dukung dermaganya belum mampu melayani kapal pesiar berukuran besar untuk bisa bisa sandar, karena panjang dermaganya masih terbatas. Karenanya pelabuhan yang berlokasi pantai utara Bali ini direncanakan akan diperpanjang, kata Made Rusly, General Manager Pelindo III Celukan Bawang, Selasa (14/2).

Kunjungan cruise ke pelabuhan ini sejak lima tahun terakhir ini cukup ramai dengan mengangkut ratusan wisatawan mancanegara (wisman). Bahkan, pada tahun ini, sejak Januari hingga Maret mendatang ada enam kapal berukuran sekitar 210 meter yang sudah dipastikan bersandar. Sementara untuk yang lebih besar belum mampu terealisasi. Sebab panjang dermaga belum mendukung.

Menyikapi hal itu, pada 2018 dermaga yang fungsi utamanya sebagai tempat naik/turun penupang dan bongkar muat barang itu direncanakan diperpanjang.

“Rencanamya pada tahun 2018 mendatang akan dilakukan penambahan dibangun breasthing dolphin jarak 100 meter pada 2018. Sebab pada Desember 2017 sampai Maret 2018, pelabuhan ini akan disinggahi beberapa kapal pesiar dengan panjang lebih dari 300 meter” jelas Made Rusly.

Sementara ini, untuk menyiasati kebutuhan, sementara akam kami gunakan ponton apung untuk tempat bersandar. Pembangunan dermaga membutuhkan waktu lama. Kapal yang tidak bisa bersandar di dermaga, akan bersandar di ponton. Dan untuk pendaratan penumpang nantinya akan digunakan kapal yang lebih kecil” pungkasnya. ***ERICK A.M.).

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *