PENGHARGAAN K3 UNTUK PELINDO III

  • Whatsapp

Surabaya – Maritim.com

DALAM penganugerahan gelar ketenagakerjaan Jawa Timur Tahun 2017  di Jatim Expo, Surabaya (21/02) PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)/Pelindo III, jadi salah satu dari sekitar 590 perusahaan yang meraih penghargaan dari Gubernur Jawa Timur. Penghargaan tersebut diberikan kepada perusahaan di wilayah Jawa Timur yang dinilai mampu menekan kecelakaan dan mewujudkankeselamatan kerja di tempatnya. Penghargaan diserahkan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan diterima oleh Direktur SDM & Umum Pelindo III Toto Heli Yanto untuk unit kerja Kantor Pusat dan Joko Noerhudha untuk Pelabuhan Tanjung Perak.

“Penghargaan ini menjadi motivasi dan sumber inspirasi bagi perusahaan lain untuk terus memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungannya. Bila perusahaan menerapkan K3 dengan baik, maka produktivitas karyawan juga akan meningkat,” ujar Wagub Jatim yang akrab disapa dengan sebutan Gus Ipul.

Dalam keterangan kepada Maritim.com, Dirsum Pelindo III  menyatakan Implementasi budaya K3 tidak mudah. Untuk itu dibutuhkan kerjasama semua pihak dalam berperan aktif sesuai fungsi serta kewenangan untuk melakukan berbagai upaya di bidang K3 secara terus menerus dan berkesinambungan. Hal ini untuk meminimalisir resiko kecelakaan kerja, sehingga pekerja dapat bekerja dengan optimal karena merasa tenang dan aman, jauh dari gangguan bahaya atau kecelakaan kerja yang mengancam.

Pelindo III telah menerapkan K3 di semua pelabuhan yang dikelolanya. Kegiatan pendukung penyemarak bulan K3 yang di lingkungan Pelindo III bukan sekedar formalitas, namun dimaksud sebgai kegiatan yang mampu mendorong K3 sebagai bagian budaya kerja di Pelabuhan hingga dapat mencegah kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Ujar Toto Heli Yanto:

“Kami secara bertahap terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya K3 agar dapat membudaya. Salah satunya bagi siapaun yang masuk pada lini 1 wilayah pelabuhan, maka wajib mengenakan Alat Pelindung Diri (APD), disamping pelabuhan merupakan area terbatas”.  ***ERICK A.M.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *