BANDARA KULONPROGO DIMULAI APRIL

  • Whatsapp
Persiapan lahan untuk pembangunan bandara baru di Kulonprogo
Persiapan lahan untuk pembangunan bandara baru di Kulonprogo

Kulonprogo,DIY– Maritim

KERAGUAN terhadap akan dimulainya pembangunan fisik bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonprogo, mulai menunjukan titik terang. Terkait dengan rencana pembangunan infrastruktur milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) Adi Sutjipto yang berlokasi di Maguwo itu, segera akan dilakukan pada April 2017.  PT Angkasa Pura (AP) I saat ini sedang melakukan proses penunjukkan pekerjaan konsultan dan pra studi.

Read More

Menurut Israwadi, Corporate Secretary AP I, tahapan pembangunan bandara NYIA saat ini sedang dalam proses penunjukkan pekerjaan, mulai konsultan project managemen super vising consultan (PMSC),  konsultan basic design dan development design untuk terminal dan gedun gpenunjung.  Dijelaskan pula bahwa AP I juga sedang melakukan proses konsultan RTT pada sisi air side, konsultan topografi hingga pengukuran tsunami, arah angin, mikro zonasi oleh BMKG, termasuk proses izin lingkungan (Amdal).

“Tahapan pekerjaan, masih tetap sesuai jadwal” jelas Israwadi beberapa waktu lalu. Tambahnya: untuk tahap awal ini, API belum bisa melaksanakan pembangunan secara penuh, disebabkan masih terdapat kendala antara lain proses pembebasan lahan yang belum semuanya selesai, karena sebagian darinya  masih bermasalah di peradilan dengan proses kasasi.

Menanggapi hal itu, Budi Asto Penjabat Bupati Kulonprogo menjelaskan, baru saja menerima surat tembusan dari PT AP I yang ditujukan kepada para kepala desa untuk mengingatkan masyarakat agar mengosongkan lahan.  Sedangkan yang terdampak dan mengambil relokasi masih dalam koridor kerjasama.

“Pada dasarnya semua itu meruapan tanah mereka.Tetapi dalam rangka kelancaran proyek, kami selalu berkomunikasi” pungkasnya. ***(ERICK A.M.).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *