PUSAT PENELITIAN BIOMARINE DI PANTAI POROK GUNUNG KIDUL

  • Whatsapp
Ilustrasi
Ilustrasi

Yogyakarta  – Maritim

 FAKULTAS Biologi Universitas Gajahmada Yogyakarta akan mengembangkan Pantai Porok di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sebagai pusat penelitian sumber daya laut dan pantai atau biomarine. Budi Setiadi Daryono Dekan Fakultas Biologi UGM) di Yogyakarta, Jumat (3/3/2017) menjelaskan: “Upaya tersebut untuk mewujudkan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam bidang biomarine”.

Menurutnya, pengembangan stasiun penelitian di kawasan pantai selatan Jawa itu sangat diperlukan, karena hingga kini Indonesia belum memiliki stasiun lapangan penelitian yang fokus meneliti sumber daya laut dan pantai di kawasan tersebut.

“Penelitian tentang kelautan masih terbatas dan belum ada stasiun penelitian yang menggarap perairan selatan Jawa. Oleh karena itu pengembangan stasiun penelitian di pantai selatan Jawa untuk menggali biodiversitas dan potensi sumber daya laut di kawasan tersebut jadi sangat penting. Keberadaan stasiun penelitian itu diharap dapat mengungkap fenomena laut dan potensi sumber daya yang ada di perairan selatan Indonesia. Selain itu juga dapat memberi manfaat bagi masyarakat setempat dan pemerintah daerah. Ke depan Pantai Porok tidak hanya jadi pusat penelitian sumber daya laut dan pantai bagi mahasiswa dan para peneliti, tetapi juga bisa jadi tempat edukasi bagi masyarakat terkait biomarine Indonesia” katanya.

Budi Setiadi Daryono juga mengatakan bahwa selama ini, Pantai Porok banyak digunakan mahasiswa dan peneliti Fakultas Biologi UGM sebagai laboratorium alam untuk mempelajari dan meneliti ekologi laut dan lainnya. Rencananya pada 2018 Pantai Porok akan dikembangkan menjadi edupark sehingga masyarakat dapat mengetahui hasil riset yang telah dilakukan. ***(ERICK A.M.).

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *