DENGAN IBS, PELINDO III MUDAHKAN LAYANAN

  • Whatsapp

Surabaya – Maritim

PT PELABUHAN Indonesaia III (Persero)/Pelindo III terus lakukan inovasi untuk memberik layanan yang memudahkan pengguna jasa pelabuhannya dalam bertransaksi. Kemudahan layanan tersebut dilakukan dengan mengimplementasikan sistem layanan  terintegrasi. Dalam kaitan itu, bertempat di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Badan Usaha Milik Negara yang bermarkas besar di Surabaya ini telah menggelar ‘Roll Out Integrated Billing System’, sebagai portal layanan jasa kepelabuhanan berbasis online dan terintegrasi dengan perbankan untuk pembayaran elektronik. Langkah tersebut merupakan Inisiasi program IBS dari Kementerian BUMN dalam melakukan integrasi sistem pembayaran tarif jasa kepelabuhanan yang berlaku bagi Pelindo I, II, III dan IV untuk semua layanan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Hal tersebut juga untuk meningkatkan kapabilitas perusahaan dalam rangka menciptakan nilai tambah, service excellent serta pelaksanaan operasional perusahaan yang efisien, efektif dan optimal.

  1. Saefuddin Noer Direktur Keuangan Pelindo III, mengatakan tujuan dibangunnya IBS ialah dalam rangka mempermudah pengguna jasa untuk transaksi layanan jasa kepelabuhanan sehingga membuat efisiensi waktu dan biaya dalam proses pengajuan permohonan jasa kepelabuhanan, termasuk kemudahan monitoring transaksi dan respon layanan secara realtime. Menurut Dirkeu Pelindo III program ini merupakan wujud nyata aksi go green dengan menghilangkan penggunaan kertas untuk  permohonan, pranota dan nota tagihan, serta mendukung Gerakan Nasional Non Tunai dengan meminimalkan peredaran uang secara fisik. 

“Penerapan program IBS ini akan langsung dirasakan oleh pengguna jasa karena proses transaksi dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.  Keberhasilan penerapan IBS sangat didukung oleh fungsi dasar sistem yang dibagi menjadi enam pilar yang menjadi standarnya. Keenam pilar tersebut di antaranya e-Registration, e-Booking, e-Tracking, e-Payment, Billing dan e-Care” ungkap Saefuddin.

Guna mendukung implementasi IBS dan memastikan fleksibilitas dan kecepatan dalam pembayaran layanan yang diberikan terjaga, Pelindo III telah melakukan kerja sama dengan empat bank yakni Bank Mandiri, BNI, BRI dan Bank Jatim. Selain itu, kerja sama dengan Bank BCA, Bukopin dan CIMB Niaga yang saat ini sedang berlangsung juga akan segera terealisasi.Pelindo III sudah mengimplementasikan single portal IBS pada November 2016 lalu bebarengan dengan dimulainya penggunaan Inaportnet di Cabang Tanjung Perak.

“Dengan keberhasilan implementasi IBS di Pelabuhan Tanjung Perak, manajemen Pelindo III akan melakukan roll out IBS ke seluruh cabang pada 2017 ini” pungkas Dirkeu Pelindo III. ***(ERICK A.M).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *