NTT BUTUH TAMBAH PELABUHAN FERI

  • Whatsapp

Kupang, NTT – Maritim

RICARD Djami, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengatakan daerah itu masih butuh tambahan pelabuhan feri untuk membuka isolasi antar pulau di provinsi berbasis kepulauan itu. Ujarnya di Kupang: “NTT merupakan provinsi kepulauan, dan masyarakat hanya mengandalkan transportasi laut, hingga perlu banyak sekali pelabuhan khusus untuk kapal-kapal feri”.

Read More

Menurutnya saat ini Pemprov NTT sedang persiapkan syarat guna mengusulkan pembangunan tiga pelabuhan feri ke Kemenhub, yaitu Pulau Besar di Kabupaten Sikka, Naikliu di Kabupaten Kupang dan Alumang di Kabupaten Alor. Sejauh itu Kemenhub hanya siap membangun fasilitas pelabuhan jika pemerintah daerah memenuhi semua persyaratan yang diminta. Persyaratan utama yang diminta adalah status lokasi yang akan dibangun dermaga, yang sesuai dengan hasiL studi dan harus layak.

Terkait persyaratan teknis ini, diaharapkan dukungan dari pemerintah kabupaten untuk menyiapkan lokasi dan pemerintah provinsi bias mengalokasikan anggaran untuk melaksanakan studi kelayakan.

“Tahun ini ada alokasi dana dari APBD NTT untuk studi kelayakan di tiga lokasi ini. Kami juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten untuk memperjelas status tanah di lokasi yang dusulkan untuk dibangun pelabuhan. Jika semua persyaratan sudah dipenuhi, Kemenhub pasti akan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan fisik pelabuhan” pungkas Djami.*** (ERICK A.M.).

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *