KERJASAMA KEMBANGKAN BISNIS ENERGI

  • Whatsapp

Surabaya – Maritim

DALAM rangka mewujudkan sinergitas antar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maka PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)/Pelindo III dengan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk/PGN sepakat melakukan kerjasama terkait pemanfaatan gas bumi untuk mendukung kegiatan bisnis masing-masing.  Kerjasama ini menyangkut bisnis pasokan gas bumi untuk operasional pelabuhan, pembangkit listrik, pemanfaatan, optimalisasi  dan pengembangan infrastrukur gas bumi dan gas alam cair (LNG) di asset-asset milikPelindo III.

Kesepakatan tersebut tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani oleh Orias Petrus Moedak Direktur UtamaPelindo III dan Danny Praditya Director of Commerce PGN, akhir pekan lalu.

Dalam paparan pengantar penandatanganan kesepahaman, Dirut Pelindo III menyebut kerjasama dengan PGN sebagai bentuk sinergi BUMN dalam memanfaatkan potensi gas bumi maupun gas alam cair yang ada di Indonesia. Pelindo III selaku pengelola pelabuhan memiliki komitmen dalam hal pemanfaatan energi ramah lingkungan untuk operasional pelabuhan. Orias mencontohkan Terminal TelukLamong di Surabaya yang dengan ketat membatasi operasional truk di terminal yang hanya terbatas untuk truk berbahan bakar gas.

“Kami juga memiliki unit bisnis yang bergerak dalam bidang terminal LNG bertempat di Pelabuhan Benoa, Bali yang saat ini juga menyalurkan gas untuk pembangkit listrik PLTDG Pesanggaran. Karenanya kami berharap kerjasama dengan PGN akan mampu meningkatkan kinerja kedua perusahaan, serta masing-masing pihak akan dapat saling belajar dan saling isi kepentingan bisnisnya, dan tentu untuk kepentingan bangsa dan negara” ujar Orias.

Menurut Dirut Pelindo III, sebagai operator terminal, pihaknya berencana memenuhi pasokan listrik melalui pembangkit yang dibangun oleh perusahaan. Hal itu dimaksudkan agar pasokan listrik yang tadinya diperuntukkan bagi pelabuhan dapat kembali di alokasikan kepada masyarakat.

Pada kesempatan itu, Danny Praditya Director of Commerce PGN menyatakan bahwa sebagai pemain utama bisnis gas bumi di Indonesia, PGN akan terus perluas pemanfaatan gas bumi bagi masyarakat. Ungkapya: “Dengan kerjasama ini kami dapat membantu Pelindo III dalam hal pemenuhan kebutuhan gas bumi di pelabuhan yang dikelolanya”.

Lanjut Danny, PGN juga akan bantu Pelindo III menyiapkan stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG), sumber daya manusia bidang teknik, pembangkit listrik, dan penyediaan layanan telekomunikasi melalui jaringan kabel serat optik. PGN juga mengajakPelindo III bersama menyiapkan infrastruktur dan gas bumi untuk kepentingan pembangkitan listrik, terutama di Indonesia bagian tengah dan timur.

“Dalam pelaksanaan kerjasama tentunya akan kami bicarakan hal-hal yang lebih bersifat teknis, yang pasti kami akan jalan bersama untuk kepentingan bangsa dan negara, dalam memberi pelayanan yang efektif dan efisien sesuai core competency masing-masing,” pungkas Danny Praditya.***(ERICK A.M.).

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *