MENYULAP HUTAN BAKAU JADI KEBUN RAYA

  • Whatsapp

Surabaya  – Maritim

MENCERMATI fenomena hutan mangrove yang tumbuh di kawasan pantai timur Surabaya (Pamurbaya), Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengusulkan agar hutan bakau itu nantinya menjadi Kebun Raya Mangrove pertama di Indonesia. Djoestamadji, Kepala Dinas Pertanian Kota Surabaya, katakan usulan tersebut sudah disampaikan ke Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Jelasnya di Surabaya, Selasa 28/3/2017 lalu: “Apabila usulan wali kota ke LIPI tersebut terealisasi, maka Kebun Raya Mangrove tersebut bisa jadi yang pertama di Indonesia”.

Read More

Ia berharap Kebun Raya Mangrove di Pamurbaya kedepan selain tetap berfungsi sebagai tempat rekreasi, juga bisa ditingkatkan menjadi tempat pendidikan dan penelitian bagi kalangan akademis dari perguruan tinggi di Surabaya maupun luar Surabaya. Untuk itu, jika berubah menjadi kebun raya, maka pihaknya akan menggandeng sejumlah perguruan tinggi untuk mengembangkannya.

“Sebagian perguruan tinggi di Jawa Timur, mempunyai fakultas Biologi, serta pusat kajian lingkungan dan sebagainya,” katanya.

Menurut Joestamadji, apabila sudah menjadi kebun raya, tanaman maupun jenis lainnya yang ada di dalam kawasan lindung ini akan dapat dikaji silsilah, asal dan jenisnya harus jelas. Kemudian akan dilakukan peyelidikan tentang fungsi dan manfaatnya bagi kehidupan. Ia menerangkan, LIPI yang sudah mempunyai Kebun Raya di Purwodadi, akan memberikan pelatihan kepada Dinas Pertanian dalam pengembangan dan pelestariannya. Selain itu, pola penanamannya juga tak bisa sembarangan karena penanamannya per blok, dilengkapi riwayatnya dan dari mana asalnya.***(ERICK A.M).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *