4.800 WISMAN KUNJUNGI TANJUNG EMAS

  • Whatsapp

Semarang – Maritim

SEBARAN kujungan kapal-kapal cruise pengangkut isatawan mancanegara di Daerah Tjuan Wisata di wilayah kerja PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)/Pelindo III, kian meluas dan tak hanya di Pelabuhan Benoa Bali seperti terjadi selama ini. Salah satu pelabuhan yang bayak dikunjungi kapal-kapal pengangkut wisman, ialah Tanjung Emas, Semarang. Akhir buan alu, sekitar pukul 08.00 WIB, MV Seabourn Odyssey berbendera Bahamas dengan berat 41.865 GRT dan panjang 210.5 meter ini bersandar mulus di Dermaga Samudera 01 Pelabuhan Tnjung Emas. Menurut Agus Hermawan General Manager Pelndo III Tanjung Emas, kapal terebut mengangkut 551 wisman dan 432 kru kapal.

“Berbeda dari kunjungan kapal pesiar sebelumnya, kapal berbendera Bahamas ini berencana akan meneruskan perjalanan ke Singapore pada pukul 19.00 WIB. Sebelumnya Seabourn Encore singgah di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya” imbuh Agus.

Dijelaskan, Pelindo III Tanjung Emas selalu memberi keamanan ekstra sesuai dengan sertifikat International Ship and Port Facility Security (ISPS) Code yang mewajibkan adanya upaya sterilisasi area yang digunakan dari pihak-pihak yang tidak berkepentingan. ISPS Code  merupakan peraturan internasional tentang keamanan kapal dan fasilitas pelabuhan. Hal tersebut kiranya jadi salah satu pertimbangan mengapa MV Seabourn Encore menyambangi kembali Pelabuhan Tanjung Emas. Selama di Jawa Tengah, wisatawan mengunjungi Candi Borobudur di Magelang dan sebagian ke Ambarawa serta kawasan Tlogo Agro. Sebagian wisatawan lain hanya berwisata seputaran Kota Semarang dengan menggunakan shuttle yang telah disediakan biro perjalanan dan sisanya berwisata secara personal menggunakan kendaraan pribadi dan ada yang tetap tinggal di kapal.

Kota Semarang memiliki peninggalan bangunan sejarah dari Belanda, beberapa diantaranya Lawang Sewu dan Kota Lama yang jaraknya cukup dekat dengan Pelabuhan Tanjung Emas. Selain itu, Klenteng Sam Po Kong yang berada di Simongan juga tak kalah tersohor, Klenteng tersebut merupakan perpaduan ethnis Tionghoa dan masuknya agama Islam di Semarang. Dengan banyaknya Kapal Pesiar yang singgah di Pelabuhan Tanjung Emas, semakin membuktikan bahwa Pelabuhan sangat berperan besar dalam bidang pariwisata khususnya di Jawa Tengah. Sebanyak ± 4.800 wisatawan asing telah mengunjungi Kota Semarang, hal tersebut dapat menjadi peluang untuk mengembangkan sektor pariwisata yang ada di Semarang. Melalui pengalaman yang dibagikan wisatawan dalam Media Sosial dapat menjadikan obyek – obyek wisata di Semarang semakin mendunia dan dapat memberikan tambahan positif bagi kemajuan pariwisata. ***ERICK A.M

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *