TRIWULAN I/2017 JIIPE LAYANI 18 KAPAL

  • Whatsapp

l

Manyar, Gresik – Maritim

Read More

PT BERLIAN Manyar Sejahtera (BMS) anak usaha BJTI PORT, yang ditunjuk sebagai pengelola Dermaga di Pelabuhan Manyar Gresik,memasuki tahun 2017 menunjukan kinerja positif, dengan menambah jumlah sandar kapal di fasilitas yang berada di kawasan Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE). Dengan 18 kapal yang sandar selama periode Januari-Maret 2017, BJTI PORT optimis jumlah kapal yang sandar di pelabuhan Manyar Gresik akan terus mengalami peningkatan.
Meskipun Pelabuhan Manyar belum melayani petikemas, tetapi sudah menyiapkan dermaga baru yang menjadi prioritas untuk mendorong pelayaran internasional. Saat ini dermaga Manyar Gresik memiliki satu dermaga dengan fungsi luar-dalam sepanjang 200 meter. Kedepan dermaga baru sepanjang 350 meter yang akan dibangun bisa digunakan untuk sandar empat kapal besar yang difungsikan luar-dalam seperti dermaga yang lama.
MV. Kang Yao berbendera Hongkong merupakan kapal pertama sandar di dermaga luar Pelabuhan Manyar Gresik, mengangkut komoditi soda ash seberat 10.144 Ton tujuan Singapura. Sedang di dermaga dalam MV. Greenfinch dan MV. Rich Ocean melakukan B/M gandum dan phospate. Kapal-kapal berbendera asing seperti Panama, Norwegia, Hongkong, Belgia mendominasi Pelabuhan Manyar Gresik dibanding kapal berbendera Indonesia. Total 18 Kapal berbendera asing dengan bobot mencapai 436.565 GT ini kebanyakan mengangkut soda ash, gandum, pupuk mop, phosphate dan bentonite dengan tujuan Singapura.
Menurut Putut Sri Mulyono Direktur Utama BJTI PORT, dengan adanya tambahan kapal yang sandar tersebut akan meningkatkan kinerja BJTI PORT tahun ini. Ia optimis tahun 2017 ini akan lebih banyak kapal dibanding tahun lalu dengan rata-rata produktivitas b/m pada Terminal Manyar mencapai 2.500-3.000 ton/hari/gang. BJTI PORT juga mendukung kebijakan pemerintah untuk mewujudkan jalur logistik yang efisien, lebih murah dan lebih cepat. Untuk itu BJTI PORT terbuka untuk pasar dengan tujuan domestik serta internasional. Kedepan diharapkan, dengan adanya tambahan dermaga baru, akan dapat menarik minat pengguna jasa dan mendorong ekspor. ***ERICK A.M.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *