ASDP SIAP ANGKUT 1.200 TRUK/HARI JAKARTA-SURABAYA

  • Whatsapp

Surabaya  – Maritim

Read More

PT ANGKUTAN Sungai, Danau & Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry, targetkan dapat mengangkut 1.200 truk, atau 10% dari sekitar 12.000 truk yang melintas di jalan raya dari Jakarta ke Surabaya setiap harinya. Faik Fahmi Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry mengatakan perusahaan yang dipimpinnya akan siapkan kapal feri roro guna mengantisipasi kebijakan Kementerian Perhubungan (Kemhub) yang berencana segera mengalihkan beban angkutan darat ke moda traportasi laut.

“Kami siapkan kapal, semakin besar kapasitasnya semakin bagus. Jumlah truk yang melintas jalan raya dari Jakarta ke Surabaya setiap hari mencapai jumlah sekitar 12.000 unit truk. Kalau kami bisa ambil 10% dari jumlah tersebut, merupakan hal yang luar biasa. Tentu saja akan dapat tercapai secara bertahap” katanya.

Menurut Faik, saat ini ASDP sedang mencari kapal feri roro jarak jauh (long distance ferry) yang tepat untuk rute Jakarta-Surabaya tersebut. Rencananya, ASDP akan menyewa dua kapal feri yang mampu menempuh waktu pelayaran di bawah 30 jam untu rute Jakarta-Surabaya. Dijelaskan pengadaan kapal feri roro jarak jauh dengan pola sewa, merupakan bagian dari upaya ASDP untuk mengurangi resiko. Selain itu, pola sewa lebih memungkinkan untuk dilakukan, mengingat waktu yang tersisa tinggal sekitar 2 bulan.

“Kalau membangun kapal baru atau membeli, pasti memerlukan proses lama. Maka sebagai altenatip kami pilih sewa, karena ini juga lebih fleksibel. Apalagi, kami menargetkan kapal feri jarak jauh untuk Jakarta-Surabaya itu sudah siap sebelum Lebaran 2017” tuturnya.

Selain menyiapkan kapal feri roro, Faik mengungkapkan perseroan juga berencana menjalin kerjasama dengan pengguna jasa logistik, seperti Unilever dalam menyukseskan program angkutan barang melalui moda transportasi penyeberangan. Seperti diketahui, Kemhub selaku regulator menargetkan sebanyak 30% dari total jumlah truk yang melintasi jalan raya Jakarta-Surabaya dapat beralih dari jalan raya, dan menggunakan kapal feri roro pada tahun 2017 ini.

Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan sebelumnya mengatakan layanan kapal feri roro rute Jakarta-Surabaya sebagai salah satu upaya pengalihan beban angkutan darat ke laut akan direalisasikan pada akhir April 2017. Menurutnya, Kemhub belum dapat memulai operasi feri roro Jakarta-Surabaya awal April 2017 karena masih dalam tahapan perumusan harga, dan pengumpulan para penyedia jasa layanan armada kapal feri roro.

“Saat ini masih tahap pricing dan sosialisasi an penjajagan kepada para “pemain” yang akan menjadi pelaku usaha. Namun, kami rencanakan layanan feri roro untuk rute Jakarta-Surabaya itu sudah beroperasi akhir bulan ini. Penyediaan angkutan feri roro jarak jauh Jakarta-Semarang-Surabaya memiliki potensi pasar sangat besar, sejalan meningatnya jumlah truk yang melewati jalur pantura” pungkas Menhub Budi Karya. ***ERICK A.M.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *