6 KAPAL DLU & PELNI DIOPERASIKAN DARI BATULICIN

  • Whatsapp

Batulicin, Kalsel – Maritim

PERUSAHAAN pelayaran nasional PT Dharma Lautan Utama (DLU), bersama BUMN PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) masing-masing mengoperasikan 3 unit kapal untuk melayani rute Batulicin (Kabupaten Tanahbumbu, Kalimantan Selatan)-Surabaya,Surabaya – Sampit, Sampit-Batulicin dan Batulicin-Sulawesi Selatan. Erwin H. Pudjono Dirut PT DLU menjelaskan bahwa rute terseut sudah mereka layani sejak lebih dari sepuluh tahun lalu, dengan mengoperasikan kapal-kapal Roll on –Roll off (Ro-Ro) untuk penyeberangan lintas menengah/panjang.

Terkait haltersbut, Tunggul Ompusunggu Kepala Kantor PT Pelni Cabang Batulicin, mengatakan tiga unit kapal tersebut, yakni “KM Sirimau” berkapasitas 1.000 penumpang, Kapal “Sabuk Nusantara 55” dan “Sabuk Nusantara 57” yang masing-masing berkapasitas 285 penumpang. Jelas Tunggul beberapa hari lau: “Pengoperasian tiga unit kapal tersebut kami rasa cukup ideal untuk melayani penumpang dari Pelabuhan Samudra Batulicin ke beberapa pulau tujuan”.

Menurut Tunggul, sementara ini jumlah penumpang kapal dari Pelabuhan Samudra Batulicin dengan tujuan Surabaya dan sebaliknya rata-rata setiap trip hanya mencapai 250 penumpang. Artinya jumlah tersebut masih belum memenuhi target minimal. Idealnya untuk menutupi biaya operasional dalam sekali berlayar jumlah penumpang harus mencapai 50% dari jumlah kapasitas, tetapi karena kondisi penumpang yang tidak memungkinkan sehingga secara terpaksa dengan jumlah penumpang yang ada tetap diberangkatkan ke pelabuhan tujuan. Kalau jumlah kapal yang beroperasi dikurangi dikhawatirkan penumpang kapal yang seharusnya berangkat pada jadwal normal, akan tertundaan keberangkatan hingga penumpang harus menunggu jadwal keberangkatan lebih lama.

Dalam pada itu, Saleh Kepala PT Dharma Lautan Utama (DLU) Cabang Batulicin menjeleskan, pihaknya juga menyiapkan tiga unit kapal untuk melayani penumpang kapal yang membawa kendaraan bermotor, karena kapal  yang dioperasian perusahaan lain hanya khusus untuk penumpang saja, dan bukan jenis kapal ro-ro. Jelasnya: “Rute pelayaran yang kami layani sama dengan rue yang juga dilayani Pelni. Tetapi jadwal keberangkatannya disesuaikan agar tidak bersamaan. Manajemen PT DLU mengimbau bagi penumpang yang membawa kendaraan bermotor, akan dilayani sesuai standar operasional DLU yang selalu mengutamakan keamanan, kenyamanan dan ketepatan waktu berlayar”. ***ERICK A.M.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *