TARIF PENYEBERANGAN KETAPANG NAIK 15 MEI 2017

  • Whatsapp

Banyuwangi – maritim

BERDASAR Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) No : PM.30 Tahun 2017, Tanggal 21 April 2017 dan Keputusan Direksi PT ASDP Indonesia Ferry No : KD.88/ OP.404, tanggal 2 Mei 2017 dilakukan penyesuaian tarif angkutan penyeberangan lintas antar pulau. Besaran penyesuaian itu rata-rata mencapai 10,97 persen. Menurut Zulmardi Kepala Sub Direktorat Angkutan Sungai Danau Penyeberangan, Kemenhub, penyesuaian tarif berlaku pada 14 lintas dari 4 propinsi.
“Empat belas lintas di empat propinsi berkisar 12,35%, Ketapang-Gilimanuk saja untuk penumpang 20,83% dan kendaraan 11,40% itu tarif angkutan. Untuk tarif terpadu yang dibayar oleh penumpang pemakai jasa itu hanya berkisar 10%” ungkap Zulmardi, Kamis (11/5/2017).
Salah satu kriteria penyesuaian tarif angkutan, berawal dari usulan Gapasdap pada Menhub Januari lalu. Selain itu, sejak dua tahun terakhir, para pelaku industri penyeberangn mengalami beratnya beban biaya operasional, dan meningkatnya harga sparepart serta UMR. Katanya: “Dengan timbulnya beban biaya yang kian meningkat, dirasa perlu segera dilakukan penyesuaian tarif. Hal Ini sudah jadi bahasan panjang, dan rencana ditetapkan tanggal 15 ini. Sebelum ini, pada periode 2015 -2016 sudah terjadi tiga kali penyesuaian tarif angkutan penyeberangan. Kondisi itu didasari turunnya harga BBM, dilkukan penyesuaian dengan menurunan tarif sekitar 12%, namun akhirnya kembali dilakukan kenaikan tarif, berdasar pertimbangan untuk menutupi tarif yang sempat turun”.
Menjawab ertanyaa tentang peetaan kenaikan yang berdekatan dengan Hari Raya Idulfitri, Zulmardi menjawab tidak ada perencanaan. Meskipun ada kesan, penyesuaian ini mendekati dengan momen angkutan lebaran. Padahal pemiihan waktu,didasai akumulasi masalah yang dibahas dari banyak sisi, hingga memenuhi aspek legal, untuk laporan di berita negara. Rencananya, penyesuaian tarif akan mulai diberlakukan pada 15 Mei 2017 pukul 00.00 WIB. Pihaknya berjanji dengan penyesuaian tarif angkutan ini juga akan bersamaan dengan peningkatan pelayanan baik dari Gapasdap maupun penyelenggara jasa angkutan penyeberangan PT. ASDP Indonesia Ferry.***ERICK A.M.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *