INDUSTRI KELAUTAN & PERIKANAN JADI PENGGERAK ONOMI

  • Whatsapp

Yogyakarta – Maritim

 SEKTOR kelautan dan perikanan di Derah Istimewa Yogyakarta (DIY) diharap bisa menjadi motor penggerak perekonomian masyarakat secara umum dan nelayan atau masyarakat pesisir pada umumnya. Gatot Saptadi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY Gatot Saptadi, Senin (22/5/2017) mengatakan: “Sesuai dengan visi misi DIY yaitu Among Tani Dagang Layar diharap sektor kelautan dan perikanan jadi motor penggerak perekonomian dari hulu sampai hilir”.

Menurut Gatot, salah satu potensi usaha perekonomian rakyat yang dapat terus digalakkan adalah di sektor kelautan dan perikanan yang bertujuan pada optimalisasi sumber daya perikanan tangkap. Melalui sektor ini diharap juga bisa ciptakan lapangan kerja baru, menciptakan daya tarik investor, serta meningkatkan pendapatan nelayan, pengolah dan pemasar hasil perikanan pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Disebutkan paradigma Among Tani Dagang Layar ini merupakan kesatuan kalimat yang berarti kegiatan usaha pertanian dan kelautan secara simultan dan terintegrasi membentuk sinergi dalam pengembangan potensi pantai selatan DIY.

“Bukan perubahan fisik dari petani yang biasa mencangkul, namun bergesernya pola pikir bahwa potensi kelautan DIY sudah waktunya menjadi potensi utama mensejahterakan rakyat DIY. Pemda DIY terus berupaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) nelayan dengan memberi dukungan seperti penyelesaian pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto di Pantai Glagah Kulon Progo, agar dapat dimanfaatkan untuk kapal ikan kapasitas 30 grosston. Dengan demikian produksi perikanan tangkap DIY dapat meningkat serta dapat memenuhi kebutuhan konsumsi ikan masyarakat yang sampai saat ini belum bisa dipenuhi lokal” katanya.

Ia juga mengatakan Pemda DIY senantiasa melakukan peningkatan kerja sama dan kemitraan dengan lembaga keuangan untuk akses modal bagi pelaku usaha kelautan, baik nelayan pengolah dan pemasar hasil perikanan. Kemudian usaha-usaha lain yang sekiranya ke depan bisa diimplementasikan melalui kerja sama antara pemerintah pusat, Pemda DIY dan pemerintah kabupatan/kota di DIY.***ERICK A.M.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *