KARTU MULTIFUNGSI, PERMUDAH TRANSAKSI

  • Whatsapp

Surabaya -Maritim

DENGAN diterapkannya sistem bertransaksi menggunakan kartu multifungsi, maka para pegawai PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)/Pelindo III,tak perlu lagi tiap waktu harus kantongi dompet gemuk. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bermarkas di Surabaya itu tak hanya memanjakan premium bagi pelanggannya, tetapi juga terus berupaya  memberi kemudahan bagi pegawainya dalam hal pembayaran, dengan menerbitkan kartu multifungsi pegawai yang dapat dipakai sebagai Transaksi Tap Cash pembayaran di berbagai merchant. Meliputi pembayaran tol dan belanja di Merchant; Top Up Tap Cash di AutoTellerMachine (ATM/anjungan tunai mandiri), Mesin Electronic Data Capture Top Up, SMS Banking BNI, Mobile Banking BNI, atau Merchant yang bekerjasama untuk menerima Top Up; Transaksi Tap Cash menggunakan saldo yang di Top Up secara mandiri oleh masing-masing Pegawai di Mesin Top Up Center.

Penyelenggaraan sistem itu, dilakukan antara Pelindo III dengan BNI yang dituangkan dalam penandatangan perjanjian kerjasama kartu multifungsi ID Card BUMN Selasa (23/5) di Kantor Pusat Pelindo III bersama oleh Toto Heliyanto, Direktur SDM & Umum dan Susi Adi Sulistityoati Direktur Hubungan Kelembagaan & Transaksional Perbankan BNI. Memberi sambutan, Toto Heliyanto jelaskan: “Pembuatan Kartu ID Card BUMN ini merupakan suatu sinergi antar BUMN yang direncanakan Kementerian BUMN karena kita harus sinergi dalam bentuk apapun. Karena itu, nanti kita akan memakai kartu multifungsi yang bisa digunakan sebagai access control di ruangan kantor, merchant dan pembayaran tol (tap cash)”.

Untuk pembuatan kartu, Pelindo III tak keluar biaya, karena sudah terkait kerjasama payroll hingga bisa lebih memudahkan. Untuk sementara sistem ini baru akan digunakan di Pelindo III, namun kedepan akan dikembangkan ke anak perusahaan. Diharap kerjasama ini berlanjut dengan kerjasama lain.

Sementara itu, Susi Adi Sulistyowati jelaskan bahwa kartu ini tak hanya digunakan sebagai tap cash untul tol namun untuk merchant-merchant lain. Ujarnya: “Harapan kami fungsi ID card tersebut dapat menambah layanan kepada pegawai Pelindo III yang telah bekerja sama dalam hal payroll. Kedepan akan dikembangkan sinergi kartu tersebut dengan BUMN Penerbangan, hingga bisa memberi kontribusi lebih kepada nasabah. BNI juga akan bantu pengelolaan pembayaran jasa kepelabuhanan yang lebih efisien dan efektif. Dalam waktu dekat akan lebih dulu dilakukan terkait impor, dengan semua transaksi perbankan di pelabuhan dilakukan secara non tunai hingga dapat hindari pungutan liar dan mengurangi risiko uang palsu”.***ERICK A.M.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *