DUA KAPAL KENAVIGASIAN DILUNCURKAN

  • Whatsapp

Surabaya – Maritim

DISTRIK Navigasi 1 Surbaya, dlamwaktu dekat akan mendapat tambahan kapal. Hal ini terkait dengan peluncuran dua unit Kapal Kelas 1 Kenavigasian, oleh Kementerian Perhubunan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhuuna Laut (Ditjenla). Dua Kapal Negara (KN) tersebut meliputi “KN. Nipa” yang akan dipangkalkan pada Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Pinang dan “KN. Masalembo” yang akan dipangkalkan pada Distrik Navigasi Kelas I Surabaya. Dua kapal tersebut dbangun oleh galangan kapal PT Citra Shipyard, Batam.

Peluncuran dua kapal kenvigasian ke kolam pelabuhan  itu ditandai pemotongan tali thross oleh A. Tonny Buiono, Dirjenla Kemenhub, dilanjut dengan penekanan tombol sirine bersama oleh H. Nurdin Basirun Gubernur Provinsi Lampung dan Bambang Witanto Direktur Kenavigasian, serta Ali U Lai Direktur Utama PT. Citra Shipyard. Pelaksanaan peluncuran 2 unit Kapal Kelas I Kenavigasian ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan kontrak pembangunan 2 unit kapal kelas I Kenavigasian pada 29 Desember 2015. Selain itu juga merupakan salah satu tahapan penting dari serangkaian pembangunan kapal kenavigasian yang dibangun oleh Galangan Kapal PT. Citra Shipyard Batam.

Dirjen Tonny Budiono mengungkapkan bahwa seiring dengan meningkatnya aktivitas kemaritiman, saat ini wajah perairan Indonesia terus berubah. Menurutnya dengan adanya kegiatan ekonomi di laut seperti pelayaran, pembangunan pelabuhan, kegiatan lepas pantai, konservasi alam, perikanan, dan lainnya tentu membutuhkan peralatan kenavigasian.

“Hal tersebut menunjukkan peran navigasi laut sangat besar dalam menunjang aspek keselamatan pelayaran. Ibarat jalan tol, pemerintah dalam hal ini Ditjen Hubla Kemenhub, menyiapkan fasilitas penunjang, seperti rambu-rambu atau Sarana Bantu Navigasi Pelayaran (SBNP) yang cukup dan andal. Kemudian, harus menyiapkan alur pelayaran yang aman dan ekonomis, penyelenggaraan telekomunikasi pelayaran, serta sistem lalu lintas pelayaran yang baik, hingga dapat memberi informasi akurat kepada kapal-kapal yang berlayar. Dari rangkaian langkah itu, keselamatan pelayaran dapat terjamin” pungkas Tonny.***ERICK A.M.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *