BIS GRATIS PELINDO III UNTUK PEMUDIK DENGAN KAPAL

Surabaya  – Maritim

MESKIPUN fungsi dan status PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III adalah untuk menelola pelabuhan dan melayani kapal, tetapi BUMN yang bermarkas di Surabaya ini tak mau ketinggalan dalam melayani pemudik lebaran yang mentradisi seiap tahun. Untuk Lebaran thun 2017 ini, Pelindo III berencana  menyiapkan sedikitnya 126 trip mudik gratis dengan bus bagi penumpang kapal laut yang tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Tanjung Emas Semarang. Faruq Hidayat, Sekretaris Perusahaan Pelindo III, menjelaskan untuk mudik menggunakan kapal laut, akan terdapat sekitar 7.000 penumpang yang akan berangkat menuju Pelabuhan Tanjung Perak.

“Setelah tiba di Tanjung Perak mereka nanti akan diantar secara gratis menggunakan bis yang disediakan Pelindo III, menuju kota/kabupaten tujuan akhir mereka” katanya dalam siaran pers, Selasa (30/5/2017).

Adapun pemudik tersebut merupakan penumpang yang berangkat menggunakan kapal laut dari Pelabuhan-pelabuhan Kumai, Sampit, Pontianak dan Balikpapan Kalimantan dan dari Makassar dengan tujuan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Tanjung Emas. Menurut Faruq, Program Mudik Gratis Bareng Pelindo III ini akan lebih memudahkan para penumpang kapal laut yang masih harus melanjutkan perjalanan darat menuju kabupaten/ kota asal mereka.

Rencananya, bus gratis yang disiapkan Pelindo III akan melayani pemudik sejak H-7 hingga H-1 Lebaran atau pada 18-25 Juni 2017. Rute mudik gratis, berangkat dari Tanjung Perak ke berbagai kota di wilayah Jawa Timur seperti Pasuruan – Probolinggo–Lumajang–Jember (18 trip), Mojokerto–Jombang – Nganjuk–Madiun (21 trip), Kediri–Tulungagung–Trenggalek (22 trip), serta rute Lamongan–Bojonegoro–Cepu (9 trip), dan Surabaya–Pare–Blitar (5 trip). Sedang rute dari Tanjung Emas Semarang, yakni Solo–Yogyakarta (14 trip), Demak–Kudus–Pati (11 trip), Temanggung– Parakan– Wonosobo (8 trip), Magelang– Jogja–Purworejo (11 trip), dan Kendal–Pekalongan–Pemalang (7 trip).

“Estimasi pemudik dari Tanjung Perak diperkirakan mencapai kisaran 2.400 orang, dan yang dari Tanjung Emas 2.900 orang” pungkas Faruq Hidayat.***ERICK A.M.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *