PEMUDIK LEWAT TANJUNGPERAK BERKURANG

  • Whatsapp

Surabaya – Maritim

 PELABUHAN Tanjung Perak Surabaya, mulai Minggu (18/6/2017)  mulai dipadati arus mudik Lebaran. Hal itu terkit dengan turunnya penumpang KM Labobar yang dioperasikan PT Pelni, berangkat dari Jayapura mengangkut 4.593 penumpang. Kedatangan penumpang disambut jajaran manajemen PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III. I Gusti Ngurah Ashkara

Danadiputera, Diretur UtamaPlindo III di sela penyambutan, berucap kepada awak media: “Dalam rangka mewujudkan program BUMN Hadir Untuk Negeri, kami ajak penumpang naik bus gratis yang telah kami sediakan ke tempat tujuan masing-masing. Kami lakukan sinergi dengan BUMN lain, yaitu PT Pelni selaku penyedia moda transportasi laut dan PT Damri selaku penyedia moda transportasi darat”.

Dalam rangka ikut menciptakan kelancaran aus mudik,  keseluruhan penyediaan bus mudik gratis bagi penumpang kapal laut yang berlabuh di Tanjung Perak, akan melayani 126 perjalanan ke berbagai daerah, seperti Madiun, Cepu, Nganjuk, Blitar, Jember dan lain-lain. Pelindo III juga siapkan takjil agar mereka bisa berbuka puasa bersama selama perjalanan.

Sementara itu, memberi penjelasan di tempat yang sama, Daru Wicaksono Deputi General Manager Pelindo III Tanjung Perak katakan, penyediaan bus gratis bagi penumpang kapal di Tanjung Perak sudah berlangsung mulai Sabtu (17/6). Ujarnya: “Gelombang arus mudik angkutan laut yang turun di Pelabuhan Tanjung Perak sudah terlihat mulai kemarin, saat kedatangan KM Ciremai. Kami prediksi puncak arus mudik angkutan laut yang berlabuh di Tanjung Perak akan terjadi pada tanggal 21 dan 23 Juni 2017. Saat itu akan datang kapal secara bersamaan. Pada tanggal 21 Juni ada dua kapal Pelni, sedang pada 23 Juni ada tiga kapal Pelni yang secara bersamaan”.

Diperkirakan jika satu kapal Pelni sedikitnya mengangkut 3.000 penumpang, maka pada tanggal 21 Juni akan terjadi kedatangan sebanyak 6.000 pemudik. Sedang pada 23 Juni, karena ada tiga kapal, maka diperkirakan akan terjadi kedatangan penumpang sedikitnya 9.000 orang. Namun, Widyaswendra VP Coporate Communication Pelindo III menyebutkan arus mudik Lebaran via kapal laut di Pelabuhan Tanjung Perak tahun ini sampai dengan H-8 cenderung menurun hingga 8,5% dibanding momen mudik tahun lalu. Kecenderungan jumlah penumpang yang turun itu diperkirakan karena adanya Surat Edaran Kemenhub tentang pembatasan jumlah penumpang sesuai kapasitas kapal.agar kapal penumpang tetap nyaman dan safety.

Dalam data Pelindo III tercatat jumlah penumpang kapal laut di Pelabuhan Tanjung Perak hingga H-8 Lebaran atau 17 Juni 2017 mencapai 28.621 orang, yang terdiri dari 19.465 penumpang yang turun kapal, dan 4.325 penumpang naik.Pungka Wendra: “Berdasar data itu, jumlah penumpangnya turun 8,5% dibanding periode yang sama 2016, ketika pada H-15 sampai dengan H-8 pada 2016 totalnya mencapai 31.113 orang”.***ERICK A.M.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *