“EXPRESS BAHARI 9C” ANGKUT PEMUDIK KANDAS

Semarang  – Maritim

 WAHID Wahyudi, Kepala Dinas Perhubungan & Lalulintas Jalan Provinsi Jawa Timur (Ka Dishub LLAJ Jtim) mencatat 392 penumpang kapal mudik gratis “Espress Bahari 9C” dari Pelabuhan Jangkar, Situbondo, menuju ke Pulau Raas, Sumenep (Pulau Madura), yang kandas di Perairan Pulau Kalosot, Raas, seluruhnya dalamondisi selamat.

Pada saat dihubungi lewat telepon selulernya, Minggu dini hari, Wahid Wahyudi

menjelaskan, proses evakuasi terhadap seluruh penumpang dilakukan bertahap hingga sesuai laporan yang diterimanya pada Sabtu (17/6) pukul 23.20 WIB, semua penumpang sudah terangkut ke dermaga Pulau Raas dengan selamat. Ujarnya: “Seluruh penumpang selamat setelah dibantu kapal rakyat di sekitar lokasi kandasnya kapal”.

Ia menjelaskan, proses evakuasi terhadap seluruh penumpang dilakukan bertahap hingga sesuai laporan yang diterimanya Sabtu (17/6) pukul 23.20 WIB, semua penumpang sudah terangkut ke  Pulau Raas dengan selamat. Mantan Penjabat Bupati Lamongan itu membenarkan bahwa kapal “Express Bahari 9C” sempat kandas pukul 18.30 WIB atau berjarak satu mil menjelang bersandarnya kapal di dermaga Pulau Raas lantaran baling-baling (propeler) kena batu karang.

“Kapal hampir sampai, tapi satu mil sebelum dermaga keduluan air laut surut sehingga kapal kandas dan propelernya mengenai batu karang,” ucapnya.

Wahid juga mengatakan bahwa sebenarnya mudik gratis lintas Pelabuhan Jangkar ke Pulau Raas menggunakan kapal cepat tersebut direncanakan hanya melayani sekali pelayaran, namun karena membludaknya jumlah penumpang, maka ditambah sekali lagi pelayarannya. Perjalanan kapal pertama diberangkatkan Sabtu pukul 09.35 WIB dengan mengangkut 368 penumpang, sedangkan saat kembali dari Pulau Raas ke Pelabuhan Jangkar mengangkut 19 penumpang.

“Kemudian, karena jumlah penumpang membludak di Pelabuhan Jangkar, maka kapal tersebut berangkat lagi atau pelayaran kedua dengan membawa 392 penumpang yang diberangkatkan pada hari yang sama pukul 16.00 WIB. Program kapal mudik gratis jurusan Jangkar-Raas itu merupakan salah satu kegiatan Pemprov Jatim pada pelaksanaan angkutan Lebaran 2017. ***ERICK A.M.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *