KUNJUNGAN CRUISE KE BENOA MENINGKAT TAJAM

  • Whatsapp

Benoa Bali – Maritim

KUNJUNGAN kapal cruise pengangkut wisatawan mancanegara ke Pelabuhan Benoa Bali sepanjang semester I tahun 2017 mengalami kenaikan 34% dibanding dengan periode yang sama tahun 2016. Pelindo III Cabang Benoa mencatat, total cruise yang bersandar di pelabuhan terbesar di Bali ini sebanyak 38 unit, sedang pada periode sama tahun lalu hanya 25 unit. Kunjungan tertinggi terjadi pada Februari dan Maret, masing-masing 10 unit.

Read More

Menurut Ardhy Wahyu Basuki GM Pelindo III Benoa, meningkatnya kunjungan cruise dipengaruhi kondisi keamanan Indonesia yang kian baik dan adanya peningkatan pelayanan serta fasilitas yang disediakan di Pelabuhan Benoa. Antara lain tampak pada saat pelayanan kapal pesiar MV. Pacific Eden 13 April 2017, Pelindo III memberi pelayanan pemanduan dari pelabuhan asal keberangkatan di Fremantle, Australia ke alur pelayaran di Pelabuhan Benoa, dengan dilaksanakan simulasi olah gerak kapal di Pelabuhan Benoa.

“Selain itu, persiapan penyambutan dan pelayanan cruise di terminal juga dilakukan sebaik mungkin untuk menumbuhkan rasa percaya bagi penumpang, ABK dan pemilik kapal bahwa Pelabuhan Benoa mampu melayani cruise dengan baik” jelas Ardhy pekan lalu.

Meningkatnya arus kunjungan kapal pesiar itu, memicu peningkatan jumlah wisman yang tercatat mencapai 32.200 orang wisman pengguna cruise di Pelabuhan Benoa, dengan 32.052 penumpang turun, meningkat 28% dibanding periode sama tahun lalu yang tercatat 23.056 orang. Kapal cruise “Norwegian Star” tercatat sebagai kapal terpanjang (295 m) yang sandar di Benoa, sedang kapal pesiar “Bremen” merupakan kapal pesiar terpendek (98 m) yang sandar. Kapal paling berat (115.906 GT) yang sandar i Benoa ialah “Diamond Princess”. Sebagain besar kapal itu dioperasikan oleh Norwegian Cruise Line, Royal Carribean Cruise Line, dan Star Clippers Ltd.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan, Pelindo III Cabang Benoa berencana akan menambah infrastruktur, khususnya untuk pelayanan cruise. Antara lain perpanjangan Dermaga Timur dari semula 290 meter menjadi 340 meter, sesuai dengan kapal-kapal cruise yang masuk ke Pelabuhan Benoa memiliki panjang antara 180-260 meter. Selain itu juga direncanakan pengembangan terminal penumpang internasional seluas 4.887 m2, dengan area kedatangan 1.000 m2,dan area keberangkatan 1.238 m2..***ERICK A.M.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *