WINGS AIR UJI TERBANG RUTE SUMENEP-SURABAYA

  • Whatsapp

Sumenep Madura – Maritim

 SEBAGAI realisasi rencana pengembangan bisnis dengan buka jalur penerbangan komersial di rute Sumenep-Surabaya, Manajemen PT Wings Abadi (Wings Air Group) siap lakukan survei fasilitas di Bandara Trunojoyo, Sumenep, di Pulau Madura, Jawa Timur. Sejak tahun lalu, pihak terkait di Kementerian Perhubungan terus bersinergi dengan Pemkab Sumenep dalam membenahi fasilitas Bandara Trunojoyo. Saat ini, Bandara Trunojoyo sudah memiliki run way sepanjang 1.600 meter lebar 30 meter yang berarti secara teknis sudah memenuhi syarat digunakan takeoff/landing pesawat udara berkapasitas 70 penumpang.

Menindaklanjuti rencana, Sabtu (22/7/2017) siang, pesawat udara ATR-72 Wings Air Group mulai beraktifitas uji terbang dari Bandara Juanda Surabaya ke Bandara Trunojoyo Sumenep, yang berlangsung sukses hingga Wahyu Siswoyo Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo berucap syukur.Ujarya: “Alhamdulillah, penerbangan percobaan yang dilakukan Wings Air menggunakan pesawat ATR-72 berjalan lancar. Penerbangan itu menjadi kegiatan operasi yang dilakukan Wings Air mengecek serta membuktikan kesiapan fasilitas bandara,yang kemudian dinilai secara teknis, sudah layak untuk melayani aktivitas penerbangan pesawat udara berkapasitas angkut 70 penumpang seperti pesawat ATR-72”.

Pesawat milik Wings Air itu melakukan penerbangan percobaan tanpa penumpang sebagai rangkaian kegiatan operasi jelang membuka jalur baru penerbangan komersial di jaur Sumenep-Surabaya. Keberhasilan dan kelancaran mendarat dan terbang dari Bandara Trunojoyo membuktikan bandara di Sumenep cukup layak digunakan aktivitas penerbangan pesawat ukuran menengah. Maka selain berfungsi sebagai fasilitas  penerbangan pesawat latih sejak 2010 serta pesawat perintis berkapasitas maksimal 15 penumpang sejak 2015, terhitung sejak akhir Juli 2017 ini Lapangan Udara Trunojoyo sudah masuk dalam peta penerbangan komersial di Indonesia.

A.Busyro Karim Bupati Sumenep bersama pimpinan sejumlah satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) setempat hadir di lapangan udara, menyaksikan secara langsung penerbangan percobaan. Sebelumnya, Wahyu Siswoyo menjelaskan WingsAir selalu lakukan  komunikasi dengan fihaknya tentang rencana survei fasilitas di Bandara Trunojoyo. Menurut Wahyu, survei terhadap fasilitas bandara merupakan keharusan bagi maskapai yang akan membuka jalur baru penerbangan komersial. Di kesempatan terdahulu, manajemen Wings Air telah minta Otoritas Bandara Trunojoyo menyediakan slot penerbangan komersial rute Sumenep-Surabaya. Terakhir, permohonan persetujuan slot penerbangan di rute diterima 12 Juli 2017. Dalam surat itu dinyatakan bahwa rute Sumenep-Surabaya merupakan jalur penerbangan komersial baru bagi Wings Air dan meruakan bagian pengembangan bisnis perusahaan yang mempelopori low cost carrier di Idonesiatersebut. ***ERICK A.M.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *