LIMA BANDARA KOMERSIAL DI JATIM

  • Whatsapp

Jember – Maritim

SETELAH Surabaya, Malang, Banyuwangi dan Sumenep, sejak Selasa (2/8/017) kemarin, bandara Notohdinegoro di Jember mauk dalam peta penernangan komersial.

Wings Air (Lion Group) secara resmi mulai melayani penerbangan komersial rute Surabaya-Jember pulang pergi (PP). Faida, Bupati Jember Faida dalam sambutannya mengaku sudah membuktikan sendiri setelah terbang dari Jakarta menggunakan pesawat Batik Air, Grup Lion, bahwa Jember sudah menjadi alternatif jalur penerbangan yang tidak bisa dianggap lagi “sebelah mata”. Ujarnya: “Kami berharap rute Surabaya-Jember jadi jalur pemanasan dan pemicu dibukanya rute penerbangan lainnya, karena maskapai Wings Air merupakan yang kedua dan sebelumnya Garuda Indonesia mengawali mengambil rute Surabaya-Jember pada tahun 2014”.

Faida juga katakan kehadiran maskapai baru sudah lama ditunggu oleh masyarakat karena dinilai akan dapat membuka akses lebih luas bagi investasi maupun perkembangan dunia pariwisata dan pendidikan di Kabupaten Jember. Ia berharap rute Surabaya-Jember  bukan satu-satunya rute yang akan dilayani Bandara Notohadinegoro. Ke depan, diharap akan ada rute Jember- Denpasar dan Jember-Sumenep karena keberadaan penumpang untuk rute-rute tersebut cukup potensial.

Dengan telah terwujudnya ada dua maskapai yang beroperasi di Jember, menurut Bupati terdapat “pekerjaan rumah” mewujudkan cita-cita jadikan Bandara Notohadinegoro sebagai embarkasi antara wilayah timur Jawa Timur. Jelas Faida: “Potensi calon jamaah haji dari Jember sangat besar karena setiap tahunnya tercatat sekitar 8.000 jamaah umroh dan 2.000 lebih jamaah haji asal Jember. Jumlah tersebut belum termasuk jamaah dari empat kabupaten tetangga yang terdiri dari Lumajang, Bondowoso, Situbondo dan Probolinggo”.

Redi Wirawan Direktur Operasional PT Wings Abadi Airlines Redi pada kesempatan inagural flight mengucap terima kasih dan kebanggaannya atas sambutan Pemkab Jember dengan mengataan: “Tahun 2017 ini, Wings Air mulai mengepakkan sayap binisnya melayani operasional penerbangan ke-100, dari total 275 bandara yang ada di Indonesia. PT Wings Abadi Airlines telah mengoperasikan 52 unit pesawat ATR tipe 72-500 dan 72-600 yang melayani dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Rote, sehingga Lion Grup melayani seluruh kabupaten di Indonesia” ungkap Dirops Wings Air.

Rute penerbangan di Bandara Notohadinegoro menjadi dua kali dalam sehari yakni PT Garuda Airlines yang melayani rute Surabaya-Jember pada pukul 08.50-09.45 WIB, dan Jember-Surabaya pada pukul 10.20 – 11.15 WIB. Kemudian PT Wings Air yang melayani penerbangan Surabaya-Jember pada pukul 11.00-11.50 WIB, dan penerbangan Jember-Surabaya pada pukul pukul 12.15-13.10 WIB. ***ERICK A.M.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *