PERCEPATAN PENGEMBANGAN MARINA BOOM BANYUWANGI

  • Whatsapp

Banyuwangi  – Maritim

PT PELINDO Properti Indonesia (PPI) anak usaha PT Pelabuhan Indonesia III (Persero), memasuki tahun 2017 menunjukkan komitmennya melakukan percepatan pengembangan lahan dan pengadaan ponton untkmenunjukkan kehadiran proyek pariwisata Marina Boom Banyuwangi. Sebagai dampak kegiatan langkah awal agar tahap pengerjaan dapat dilakukan dengan maksimal, kegiatan di kawasan pelabuhan lama Bumi Blambangan itu diminimalisir bagi kegiatan yang sifatnya tak berhubungan langsung dengan proyek. Sedang akses menuju pantai Boom hanya dapat digunakan untuk acara tertentu guna menghindarkan pengunjung dari bahaya akibat aktivitas pemerataan lahan yang dilakukan menggunakan alat berat.

Kendati terjadi pembatasan aktivitas di Pelabuhan Boom, tetapi pengunjung masih dapat menikmati acara-acara yang diselenggarakan, seperti melasti dan gebyar boom yang sudah merupakan tradisi tahunan warga Banyuwangi. Tahap pengerjaan area Boom pada semester awal berupa penyiapan lahan untuk luxury marina, penguatan dinding penahan tanah, revitalisasi taman, pedestrian dan amphiteatre, serta tersedianya jaringan listrik dan air bersih. Menenai ha itu, Kokok Susanto CEO PPI menjelaskan: “Saat ini pembebasan lahan telah rampung dan sedang dalam tahap pelelangan untuk pekerjaan pematangan lahan di Boom Marina Banyuwangi. Saat ini PPI telah lakukan pengadaan ponton untuk yacht dengan menggandeng produsen ponton terkemuka Shenzhen Potona Marine Pte Ltd”.

Upaya percepatan pembangunan pun terus berlangsung. Untuk itu, PPI bekerja sama dengan One15 Management & Technical Services Pte Ltd selaku perusahaan yang bergerak dalam bidang konsultasi dan manajemen fasilitas marina demi mewujudkan marina bertaraf internasional. Kerjasama yang dimulai sejak Mei lalu menyangkut kajian tentang rencana pengembangan fasilitas marina di Boom Banyuwangi, meliputi namun tidak terbatas pada standardisasi fasilitas marina, potensi market, mekanisme pengoperasian marina dan juga potensi pengembangan.

“Bersama One15 kami ingin benar-benar merealisasikan Boom Banyuwangi menjadi tujuan wisata marina bertaraf internasional dengan menyediakan fasilitas berbasis standar yang terbaik” ujar Kokok mengakhiri penjelasan. ***ERICK A.M.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *