UPACARA HUT KEMERDEKAAN DI KAMPUNG LAUT CILACAP

  • Whatsapp

Cilacap  – Maritim                               

SEJUMLAH ratusan warga Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah menggelar upacara peringatan ulang tahun ke-72 kemerdekaan RI, di tengah Laguna Segara Anakan. Para peserta upacara berada di atas perahu-perahu selama upacara berlangsung. Nurinda Wahyu, Camat Kampung Laut, menjelaskan bahwa tujuan utama diadakannya upacara di tengah Segara Anakan ini betujuan untuk mengunggulkan laut. Menurutnya hampir seluruh masyarakat yang bemukim di wiayah yang dipimpinnya hidup dari laut.

Read More

“Kami ingin mengunggulkan laut sebagai tempat kami hidup dan mencari kehidupan dari laut. Masyarakat di sini juga mayoritas berkecimpung di laut, maka tidak salahnya jika peringatan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dilaksanakan di tengah laut. Ini merupakan kearifan lokal dari masyarakat kampung hingga kami mengakomodir itu. Tiap tahun terdapat inovasi-Inovasi yang diharap bisa jadi destinasi wisata. Karen menurut kami unik dan di Kecamatan lain belum ada” ujar Nurinda Kamis (17/8/2017).

Menurut Camat Kampung Laut, pelaksanaan upacara di tengah Segara Anakan sudah dilaksanakan untuk yang kelima kalinya, dimulai sejak tahun 2013 yang diikuti empat desa, instansi, tokoh masyarakat, lembaga serta Himpunan Seluruh Nelayan Indonesian (HSNI). Di Kecamatan ini setidaknya terdapat 25 pulau, tetapi hanya lima pulau yang dihuni warga. Dia berharap kegiatan upacara di laut ini bisa terus dilakukan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan sehingga bisa jadi penyemangat bagi masyarakat Kampung Laut.

“Harapan kami, tradisi melakukan upacara eringtan untuk hari-hari bersejarah, bisa dilestarikan secara lebih baik lagi dan diharap mampu menjadi motivasi dan penyemangat bahwa warga Kampug Laut tidak lagi terisolir, tetapi justru bisa menjadi destinasi wisata guna menyaksikan keunikan di wiayah ini” ujar Nurinda mengakhiri penjelasan.***MRT2701.
 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *