MAKSIMALKAN JALUR LAUT NTT-PAPUA

  • Whatsapp

Kupang – Maritim

DENGAN dibukanya jalur pelayaran berjadwal dari Pelabuhan Tenau Kupang menuju Papua, Pimpinan Komisi V DPR RI mengharapkan masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Papua bisa memanfaatkan pembukaan rute baru Kapal Motor (KM) “Sirimau” tersebut. Fary Djemi Francis Ketua Komisi V DPR RI, pada peresmian rute tersebut di Kupang Rabu (23/8/2017)  mengatakan: “Sebenarnya rute pelayaran ini bukan hal baru. Tetapi kurang lebih sepuluh tahun lalu jalur ini sempat ditutup. Artinya bahwa jangan hanya meminta tetapi saat sudah diberikan tidak digunakan secara maksimal,”.

Pelayaran perdana KM “Sirimau” mulai dilakukan di Kupang pada Senin (21/8) dengan dimulai dari Pelabuhan Tenau Kupang menuju Alor dan akan berakhir di Nabire yang sebelumnya melewati Ambon dan Sorong. Fary mengharapkan sosialisasi dari masyarakat juga sangat dibutuhkan agar masyarakat kedua daerah bisa mengetahuinya.

“Satu yang kita harapkan dari masyarakat tolong dibantu untuk mensosialisasikan. Jangan hanya untuk mengirim barang saja tetapi juga bisa digunakan untuk pengembangan perekonomian di NTT, Maluku dan Papua” imbuh Fary Djemi Francis.

Disamping masyarakat, pemerintah daerahnya juga diharap terlibat proaktif dengan membantu menyosialisasikan hal tersebut karena sudah kurang lebih 10 tahun menurutnya rute itu ditutup.

Pada kesempatan yang sama OM Sodikin, Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni mengatakan kapal dengan kapasitas 1.000 penumpang ini tak ingin seperti kasus kapal sebelumnya yang dhentikan operasonalnya, karena kurang penumpang dan barang yang diangkut, hingga rugi berkepanjangan.***LIES

 

 

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *