REVITALISASI RUTE TOL LAUT SURABAYA-TAHUNA

  • Whatsapp

Surabaya, Maritim

MENURUT Velma Maheso, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kepulauan Sangihe di Tahuna Selasa (9/8/2017) sebutkan pelayaran tol laut ke sebagian wilayah Sulawesi Utara setelah tak beroperasi, mulai September ini akan direvitalisasi. Jalur pelayaran tol laut juga alami perubahan rute, dari yang semula lewat jalur Makasar-Tahuna akan diubah Surabaya-Tahuna. Perubahan rute ini akan untungkan pengusaha dan masyarakat Kepulauan Sangihe, karena selama ini mereka sudah lakukan bisnis dengan para pengusaha di Surabaya.

Read More

“Hubungan pengusaha Sangihe dengan pengusaha Surabaya telah terbangun sejak lama sehingga perubahan rute pelayaran tol laut sangat baik. Sebelum dilakukan perubahan rute pelayaran ini, sudah dilakukan komunikasi antara pemerintah daerah dan pengusaha di Sangihe maupun di Surabaya” ujar Velma.

Diakui bahwa pelaksanaan tol laut rute Makasar-Tahuna yang dimulai sejak Mei 2016 masih kurang bermanfaat bagi masyarakat Kepulauan Sangihe. Sebab selama ini Makassar hanya merupakan pelabuhan transhipment berbagai komoditas yang diangkut dari Surabaya sebaga pelabuhan hub untuk Kawsan Timur Indonesia (KTI).

Velma berharap perubahan rute dari Makasar ke Surabaya dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat yang ada di Sangihe. Ujarnya:  “Kami berharap program tol laut berupa pelayaran langsung Surabaya-Tahuna pp, akan dapat lebih meningkatka taraf perekonomian masyarakat”. ***AYUDHIA/Sub/Maritim.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *