DERMAGA GILI MAS SEGERA MULAI DIBANGUN

  • Whatsapp

Lembar, Lombok Barat  – Maritim.

PROSES Pembangunan Pelabuhan Gili Mas di di Lembar, Kabupaten Lombok Barat, NTB, saat ini masih dalam tahapan reklamasi yang akan segera tuntas. Baharuddin General Manager Pelindo III Cabang Lembar menjelaskan bahwa langkah berikutnya ialah memasuki tahap pembangunan dermaga sepanjang 450 meter, yang direncanakan akan dimulai pada triwulan IV/2017.

“Sesuai perkiraan, semoga pada awal 2018 mendatang, dermaga sudah bisa selesai sebelum Mei 2019. Dengan demikian dermaga beserta fasilitas dan peralatan pedukungnya sudah siap sioperasikan” jelas Baharuddin.

Pembangunan Pelabuhan Gili Mas terdiri dari beberapa tahapan. Pertama (IA): proses reklamasi/pemadatan lahan. Kedua: pembangunan dermaga dan pengerukan. Selain itu, proses perpanjangan dermaga untuk peralatan juga akan dimulai. Fasilitas terminal barang, terminal penumpang dan marina akan dilakukan begitu proses memasuki tahap III. Selanjutnya tahap IV merupakan proses pembangunan lapangan penumpukan. Apabila sudah beroperasi, pelabuhan ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas bongkar muat, yang saat ini baru mencapai penanganan petikemas hingga 20.000 TEU’s. Ke depan nanti, ditargetkan dapat menampung sampai dengan 200.000 TEU’s.***ADIT/Dps/Maritim.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *