PELAYARAN PERDANA MERATUS KE GORONTALO

  • Whatsapp

Surabaya – Maritim

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Gorontalo menyambut baik dibukanya pelayaran perdana Meratus Line dengan rute Pelabuhan Anggrek di Gorontalo ke Tanjung Perak di Surabaya dan sebaliknya. Melalui pelayaran perdana yang diresmikan Idris Rahim, Wakil Gubernur Gorontalo, Kamis lalu, di Pelabuhan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara itu akan semakin meningkatkan pertumbuhan perekonomian Gorontalo mengingat akses pemasaran hasil produksi dari Gorontalo menuju luar daerah akan semakin mudah.

“Dengan adanya rute ini akan membangkitkan semangat dan sangat bermanfaat bagi masyarakat maupun Pemerintah Gorontalo yang dampaknya Provinsi Gorontalo bisa sejajar dengan provinsi lain. Kian banyaknya pelayaran dan pengapalan cargo dari Gorontalo, akan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi Provinsi Gorontalo. Masyarakat akan makin mudah memasarkan hasil pertanian, perkebunan, perikanan, dan produk-produk lain ke luar Gorontalo hingga pendapatan dan kesejahteraan pun meningkat” kata Wagub.

Sejalan dengan pelayaran Meratus Gorontalo – Surabaya itu, Idris Rahim ungkapkan bahwa Pemprov Gorontalo berkomitmen terus berupaya meningkatkan infrastruktur dasar kebutuhan masyarakat, termasuk transportasi. Menurutnya perbaikan dan peningkatan sektor infrastruktur transportasi, akan menjamin kelancaran arus barang, jasa, dan orang, baik dari maupun menuju Provinsi Gorontalo. Pihaknya memberi apresiasi tinggi kepada pihak Meratus yang telah membuka rute pelayaran di Gorontalo, dan berharap sinergitas antara pemerintah dengan perusahaan swasta maupun mitra bisnis itu terus ditingkatkan.

Budi MR, Direktur Meratus Line menjelaskan KM Meratus Gorontalo – Surabaya melayani rute pengapalan cargo dari Gorontalo ke pulau Jawa, maupun sebaliknya dari Jawa menuju Gorontalo. Pihaknya akan mengoperasikan 3 kapal dengan kapasitas muat 11.000 ton dan jadwal pelayaran setiap minggu., KM. Meratus yang baru dilaunching itu melayani rute Gorontalo- Surabaya – Jakarta dengan kapasitas petikemas hingga 800 TEU’s, karena  kapal ini bisa memuat sampai 13.000 ton per satu kali muat.

Lebih lanjut, dijelaskn KM. Meratus Gorontalo – SUrabaya itu juga akan melayani rute Gorontalo-Jakarta untuk pengiriman jagung. Pungkas Budi MR: “Dibukanya rute langsung ke Jakarta, tentu akan tingkatkan nilai tambah yang diperoleh masyarakat Gorontalo, karena harganya yang lebih kompetitif. Tidak hanya muatan kering yang kami layani, tetapi muatan berpendingin seperti ikan beku juga dilayani oleh KM. Meratus Gorontalo”. ***ERICK A.M.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *