KA JAYAKARTA PREMIUM PASAR SENEN-GUBENG DOPERASIKAN

  • Whatsapp

Cilacap  – Maritim

GUNA meningkatkan minat masyarakat menggunakan layanan moda transportasi berbasis rel, mulai Kamis (28/09) lalu PT Kereta Ai Indonesia (KAI) meluncurkan KA “Jayakarta Premium” relasi Jakarta Pasar Senen – Surabaya Gubeng. Suprapto, Senior Manager Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta katakan, ”Jayakarta Premium” itu merupakan KA kelas ekonomi yang biasa digunakan sebagai tambahan dengan nama “Gaya Baru Malam Selatan Premium” relasi Pasar Senen – Surabaya Gubeng PP.

“Dengan mencermati sejak dioperasiannya KA GMBS Premium pada Lebaran 2017 ini, yang okupansinya selalu tinggi dengan tempat duduk yang selalu terjual habis, manjemen PT KAI mengubah status KA tambahan menjadi KA Reguler. Rangkaian “Jayakarta Premium” memiliki delapan unit kereta premium dengan kapasitas masing-masing kereta sebanyak 80 tempat duduk dan dua unit kereta untuk penumpang dengan keterbatasan fisik, masing- masing berkapasitas 64 tempat duduk. Jadi, total kapasitas angkut rangkaian KA “Jayakarta Premium” dalam satu kali perjalanan mencapai 768 tempat duduk” jelas Suprapto.

KA “Jayakarta Premium”, berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 13.20 WIB tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pukul 03.47 WIB. Kemudian, kereta akan kembali berangkat pada pukul 15.00 WIB dari Stasiun Surabaya Gubeng menuju Jakarta dan tiba Pukul 05.30 WIB. Stasiun – stasiun yang disinggahi ialah Jatibarang, Cirebon, Bumiayu, Purwokerto, Randegan, Kroya, Tambak, Karanganyar, Kebumen, Wonosari, Prembun, Kutoarjo, Yogyakarta, Klaten, Solo Balapan, Masaran, Walikukun, Paron, Madiun, Nganjuk, Baron, Kertosono, Jombang, Mojokerto, dan mengakhiri perjalanan di Stasiun Surabaya Gubeng.

Terkait dengan besaran tarif, Surapto menuturkan, tarif batas bawah dan atas KA “Jayakarta Premium” dengan jarak tempuh 0-250 kilometer (Km) sebesar Rp110.000 dan Rp300.000. Kemudian, tarif batas bawah dan atas sebesar Rp140.000 dan Rp350.000 untuk jarak 251-515 km. Di atas 515 Km, tarif batas bawah Rp 180.000, dan tarif batas atas Rp 450.000.Suprapo megimbau agar calon pengguna KA untuk melakukan pemesanan atau pembelian tiket KA di tempat-tempat penjualan resmi, dan menghindari transaksi dengan perorangan yang mengatasnamakan petugas PT KAI.

Sementara itu, PT KAI Daops VI/Yogyakarta mulai Selasa (26/9) juga membuka rute baru Solo-Jogja-Cilacap. Hal ini untuk mengakomodir permintaan penumpang Solo-Cilacap dan sebaliknya yang terus meningkat. Eko Budiyanto Corporate Communication Manager PT KAI Daops VI/Yogyakarta, ungkapkan pembukaan rute baru ini sudah dikaji sejak beberapa waktu lalu.  Menurutnya, banyak metode yang telah dilakukan selama masa kajian tersebut, diantaranya poling dengan menyebar kuisioner di Solo, Jogja, dan Cilacap serta melalui SMS  yang banyak menginginkan pembukaan rute ke Cilacap.

“Selama ini belum ada KA khusus yang ke Cilacap, biasanya mereka memanfaatkan KA Logawa rute Purwokerto-Jember dengan gerbong khusus. Padahal permintaan cukup banyak hingga mulai Selasa dioperasikan KA “Wijayakusuma”. Potensi penumpang rute baru ini cukup beragam mulai mahasiswa, pekerja, dan wisatawan. Dengan jalan raya yang makin padat, kereta kian diminati karena menawarkan ketepatan waktu. Rute baru memanfaatkan kereta ekonomi premium yang baru selesai dirakit jelang Lebaran lalu dengan kapasitas 80 penumpang per kereta” jelas Eko Budiyanto.

Sebagai KA jarak menengah, tiket bisa dipesan 90 hari sebelum keberangkatan di loket stasiun, channel eksternal, maupun aplikasi. KA “Wijayakusuma” menawarkan harga tiket promo pada 26 September-26 Desember senilai Rp.50.000 untuk rute Jogja-Cilacap dan Rp.70.000 untuk Solo-Cilacap. Sedangkan tiket Kroya-Cilacap dijual dengan harga Rp20.000, Kutoarjo-Lempuyangan senilai Rp25.000, dan Yoyakarta-Solo Rp40.000. Kereta menyinggahi stasiun-stasiun Maos, Kroya, Tambak, Gombong, Kebumen, Prembun, Kutoarjo, Wates, Yogya Lempuyangan, Klaten, Purwosari, dan Solo Balapan. Jadwal keberangkatan ini pukul 05.00 WIB dari Cilacap dan pukul 09.30 WIB dari Jogja kembali ke Cilacap. Pemberangkatan kedua, berangkat pukul 14.10 WIB dari Cilacap menuju Solo dan pukul 19.45 WIB berangkat dari Solo dan tiba di Cilacap pukul 01.00 WIB.***ERICK A.M.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *