PELINDO III BANGUN OFFICE TOWER 23 LANTAI

  • Whatsapp

Tanjung Perak – Maritim

PT PELABUHAN Indonesia III (Persero)/Pelindo III bersama anak usahanya PT Pelindo Properti Indonesia (PPI) melaksanakan Groundbreaking Ceremony pembangunan Office Center Pelindo Place dengan tema “Beyond Building to Reach Dream of the Future”. Kendati tidak dalam format yang persis sama, tetapi niat membangun pusat perkantoran ini dapat dikatakan sebagai perwujudan ”mimpi” yang dipendam para petinggi BUMN Kepelabuhanan yang bermarkas besar di Jl.Perak Timur ini.

Sekitar 15 tahun silam, sudah terdapat pemikiran di kalangan cabang atas Pelindo III untuk memanfaatan mayoritas HPLTanjung Perak menjadi lapagan penumpukan petikemas serta kantor operasional Cabang Tanjung Perak. Sedang Kantor Pusat yang tak perlu teralu besar, cukup menyewa di pusat bisnis Kembang Jepun atau di lingkungan elit Citra Land. Mutakhir juga sempat berkembang pemikiran membangun kantor baru di dekat STIAMAK Barunawati, Jl. Perak Barat. Namun yang kemudian menjadi keputusan adalah membangun perkantoran “jangkung” di Jl. Perak Timur, pada lahan yang pernah digunakan sebagai Port Health Center (PHC), yang kick-off-nya dilaukan Jum’at 13 Oktober lalu.

Acara simbolis dilaksanakan oleh I Gusti Ngurah Ashkara Danadiputra, CEO Pelindo III; Mohamad Iqbal Commercial and Operational Director Pelindo III, yang juga merupakan Komisaris Utama PT PPI; Kokok Susanto Direktur Utama PT PPI; dan Joko Noerhuda General Manager Pelindo III Cabang Tanjung Perak Surabaya sebagai tanda bahwa pembangunan telah dimulai. Hadir pula jajaran direksi Pelindo III, komisaris dan stakeholders Pelabuhan Tanjung Perak.

Dalam sambutannya CEO Pelindo III yang biasa disapa dengan sebutan Gung Ari itu, mengungkapkan pembangunan infrastruktur kepelabuhanan jadi perhatian serius untuk mendukung kelancaran bisnis yang diperuntukkan bagi pengguna jasa kepelabuhanan di Tanjung Perak. Dia mengatakan sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk terus meningkatkan pelayanan kepada stakeholders, Pelindo III telah merancang dan membangun fasilitas berkelas untuk dapat digunakan secara maksimal. Dengan harapan pembangunan ini dapat semakin memperlancar kegiatan kepelabuhanan.

“Office tower ini dibangun dalam rangka penataan di lingkungan pelabuhan Tanjung Perak dengan lahan-lahan yang akan dipergunakan untuk peningkatan pelayanan barang hingga dengan lancarnya proses kegiatan layanan di pelabuhan diharap dapat menekan atau menurunkan biaya logistik nasional” ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (14/10/2017).

Seiring itu, Faruq Hidayat Corporate Secretary Pelindo III, menyebut pembangunan gedung menggunakan konsep desain modern dan elegan. Lebih rinci, ia jelaskan gedung dibangun di area seluas ± 1,1 Ha dengan luas bangunan ± 60.000 m2, terdiri dari 23 lantai dan ketinggian bangunan 121 m, yang pembangunannya diperkirakan akan rampung hingga 2020. Gedung perkantoran baru ini dilengkapi fasilitas lifestyle commercial area. Dirancang dengan konsep hemat energi dan kualitas terbaik, sehingga menghadirkan workplace yang representatif dan memiliki fasilitas penunjang bisnis lengkap.

“Berdasar kekuatan image Pelindo III kami berharap pembangunan Office Center dengan investasi sekitar Rp.550 miiar ini akan jadi ikon baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat urban Surabaya khususnya di area Tanjung Perak” ujar Faruq Hidayat

Kehadiran Pelindo Place Office Tower diharap dapat jadi langkah awal kelancaran berbisnis, karena nanti gedung perkantoran tersebut tak hanya diperuntukkan Pelindo III saja tetapi juga seluruh anak usaha, afiliasi serta pengguna jasa kepelabuhanan. Selain itu, office tower tersebut merupakan bangunan ikonik proporsional pertama di Indonesia yang berada di area pelabuhan dan kedepan nanti akan jadi contoh baik dalam pengembangan dan penataan wilayah pelabuhan. ***ERICK A.M..  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *