PEMBANGKIT LISTRIK ARUS LAUT DI LARANTUKA

  • Whatsapp

Larantuka Flores – Maritim.

DALAM waktu dekat, pemerintah berencana membangun pembangkit listrik tenaga arus laut di Larantuka, ibukota Kabupaten FloresTimu, Nusa Tenggara Timur (NTT). Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi kembali dengan Kementerian Energi & Sumber Daya Mineral (ESDM) perihal penghitungan ulang biaya proyek agar dapat menurunkan cost.

Dia juga menuturkan, pembangunan PLT AL di Kabupaten Flores Timur sangat penting untuk direalisasikan, mengingat dampak positifnya bagi masyarakat dan industri di daerah tersebut. Ujar Luhut melalui siaran pers akhir Oktober lalu: “Saya sudah beritahu ke Menteri ESDM, mungkin supaya desainnya lebih sederhana supaya cost-nya bisa lebih ditekan, agar biayanya tidak terlalu mhal”.

Menurutnya, pembangkit tersebut harus dibangun karena dengan adanya listrik 25 Megawatt (MW) tambahan dari sebelumnya 7 MW yang ada, daerah Larantuka dan sekitarnya dengan 250 ribu penduduk akan bisa menikmati listrik. Pemerintah juga akan mengembangkan infrastuktur di Kabupaten Flores Timur, khususnya di Larantuka sebagai Ibu kota. Di antaranya adalah rencana pembangunan dermaga kontainer di Wello guna mendukung program Tol laut dan perpanjangan landasan pesawat di Bandara Gewayantana Larantuka yang akan diperpanjang menjadi 500 meter. Dengan demikian dapat menunjang dari segi perekonomian masyarakat untuk mengekspor produk dan komoditas unggulan daerahnya. ***LIES/Kug/Maritim)

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *