“SEABOURN ENCORE” TIGA KALI SINGGAHI TANJUNG PERAK

  • Whatsapp

Tanjung Perak, Maritim

KUNJUNGAN kapal pesiar “Seabourn Encore” di Pelabuhan Tanjung Perak untuk ketiga kalinya, ternyata cukup mengundang banyak pengunjung ke Surabaya North Quay, Selasa lalu. Mereka yang datang dari Kota Surabaya dan kawasan sekitarnya memadati roof top terminal penumpang kapal laut modern yang dikelola PT Pelabuhan Indoneia III (Persero) /Pelindo III tersebut.

Faruq Hidayat Corporate Secretary Pelindo III, mengatakan bahwa ini menunjukkan cukup tingginya animo warga Surabaya pada wisata maritim. Berdasarkan data Pelindo III, tahun 2017 tercatat beberapa kapal pesiar yang telah singgah di Pelabuhan Tanjung Perak seperti MS. Seabourn Encore, MV. Volendam, MV. Artania, MS. Silver Shadow, sertta cruise MS. Genting Dreams dengan kapasitas 5.000 penumpang beserta awak kapalnya yang akan membuka rute baru dan singgah di Tanjung Perak pertengahan Desember 2017 mendatang.

“Dapat dipastikan, dengan makin besar, megah, dan mewah kapal pesiar yang singgah, maka jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang akan makin banyak.Dengan demikian potensi ekonomi Surabaya North Quay sebagai sentra untuk memasarkan produk kerajinan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan jajanan lokal pun akan makin tinggi. Seperti diketahui, untuklebih memperkenalkan kekhasan cenderamata dan kuliner Jawa Timur, Manajemen Pelindo III selalu mengajak serta belasan UKM binaannya membuka gerai dan menawarkan produk makanan dan kerajinan lokal kepada para turis cruise dan wisatawan lokal yang datang” jelas Faruq.

Seabourn Encore dengan bobot 40.350 GT, panjang 198 meter, dan lebar 25 meter sandar di Dermaga Jamrud Utara Pelabuhan Tanjung Perak tepat pukul 09.00 WIB dan lepas tali pada hari yang sama pukul 18.00 WIB. Kapal berbendera Bahamas tersebut membawa sekitar 450 penumpang. Jelas Faruq Hidayat pula: “Sekitar 120 orang penumpang yang turun disambut dengan gelaran Tarian Reog Ponorogo yang meriah. Beberapa pasang Cak dan Ning Surabaya juga menyambut mereka dengan ramah, sembari menawarkan berbagai paket wisata seputaran Surabaya”.

Dengan kian seringnya terjadi kunjungan kapal pengngkut wisman, Kota Surabaya makin siap dalam menyerap peluang ekonomi dari kapal pesiar yang datang. Hal ini terlihat dari kian beragamnya paket wisata yang ditawarkan kepada para turis penggun cruise. Ada tiga paket wisata yang ditawarkan. Pertama: Surabaya Discovery Tour dengan mengunjungi Patung Djoko Dolog – Balai Kota – Monumen Kapal Selam – Pasar Bunga Kayoon – House of Sampoerna. Paket yang kedua: merupakan ekowisata yang di-branding sebagai Mangrove Sea Side of Surabaya untuk mengunjungi budidaya bakau di Wonorejo Rungkut. Paket wisata yang ketiga ialah: Trowulan Tour yang mengeksplorasi situs bersejarah Majapahit.

Sementara para turis yang tidak menggunakan jasa biro wisata memilih tetap berada di kapal atau menikmati fasilitas di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara. Mulai dari free wifi, suasana roof top lantai 3 dengan pemandangan pelabuhannya, serta aneka gerai UKM yang berada di lantai 1, selain itu juga tersedia pusat jajanan dan makanan lokal.

“Kolaborasi antara kesiapan pelayanan pelabuhan prima yang dikemas oleh Pelindo III dan tersedianya beragam paket wisata yang ditawarkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menjadi sinergi bersama antara BUMN dan Pemerintah demi mengembangkan pariwisata di Kota Pahlawan” pungkas Faruq Hidayat.***AYUDHIA/Sub/Maritim

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *