PEMBANGUNAN PELABUHAN TANAHAMPO DILANJUTKAN

  • Whatsapp

Karangasem, Bali  – Maritim

IGA Mas Sumatri Bupati Karangasem, didampingi Ida Bagus Putu Sustika Kadis Perhubungan, serta Kepala OPD terkait lainnya, pekan lalu menyempatkan diri turun ke lapangan, memantau kelanjutan pembangunan dermaga cruises Tanahampo, Kecamatan Manggis. Pada inspeksi mendadak (sidak) itu, bupati meninjau penanaman tiang pancang, pembangunan pelebaran dermaga 100 meter serta pembangunan jetty sistem rampdoor.

Di sela-sela kesibukan serta fokusnya terhadap erupsi Gunung Agung, orang nomer satu di “bumi lahar” itu sempat memberi penelasan kepada awak media termasuk Maritim. Ujarnya: “Ini merupakan upaya Pemkab Karangasem lanjutkan pembangunan dermaga kapal pesiar Tanahampo yang sempat terhenti beberapa waktu lamanya. Inilah hasil usulan kita kepada pemerintah pusat sebagai antisipasi jangka pendek memanfaatkan dermaga dan terminal, agar dibangun jetty dengan sistem rampdoor, agar penumpang kapal cruise yang  berlabuh dengan lego jangkar di Labuan Amuk dapat difasilitasi menggunakan kapal sekoci menuju dermaga di Pelabuhan Tanahampo”.

Pembangunan pemecah gelombang (break water) dan jetty rampdoor merupakan pembangunan kelanjutan dermaga yang sudah dilakukan sejak lima tahun lalu, dengan tujuan untuk menyediakan fasilitas melayani kedatangan dan keberangkatan penumpang yang selama ini masih mengalami kesulitan. Untuk itu dibutuhkan break water dan jetty rampdoor untu sandar sekoci pengangkut penumpang dari kapal pesiar menuju dermaga.

Bupati Sumatri menjelaskan, di tahun 2017 ini perluasan baru dapat dilaksanakan sepanjang 100 meter, dengan dana APBN 2017 sebesar Rp. 49.404.804.000.00. Sementara jangka waktu pelaksanaan 120 hari kalender. Pengerjaannya sudah dimulai pada tanggal 18 Agustus 2017 lalu dan akan di serah terimakan tanggal 15 Desember 2017 mendatang, oleh pemenang tender Kontraktor Pelaksana PT. Kurniadjaja Wirabhakti- PT. KarunaKarya (KSO) dan Konsultan Pengawas PT. Kiat Global Ismatika.

“Kami tetap optimis, pembangunan Dermaga tetap berlanjut, karena pemerintah pusat dalam tahun 2018 akan kembali mengucurkan dana untuk menambah perluasan Dermaga Cruise Tanah Ampo sekitar 50 meter lagi, yang nantinya akan dianggarkan dalam APBN 2018 melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padangbai” ujar Sumatri memungkasi penjelasan. ***ERICK A.M.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *