TANJUNG PERAK DUKUNG SISTER CITY SURABAYA – LIVEPOOL

Tanjung Perak – Maritim

GUNA melanjutkan implementasi konsep pengembangan Sister City di kedua kota pelabuhan, Gary Millar Wakil Walikota Liverpool, mengunjungi Surabaya. Kedatangannya merupakan balasan kunjungan kerja Tri Rismharini Walikota Surabaya ke Liverpool, Mei lalu. Kerjasama akan difokuskan pada bidang ekonomi, penerapan smart city, peningkatan SDM, industri kreatif, dan manajemen pelabuhan dan maritim.

Selasa (28/11), Gary Millar kunjungi  Pelabuhan Tanjung Perak. Ari Ashkara CEO Pelindo III di sela penyambutan delegasi di Terminal Gapura Surya Nusantara menjelaskan: “Kami menyambut baik kunjungan Wakil Walikota Liverpool. Agar dapat melihat kesiapan Pelabuhan Tanjung Perak dalam menjembatani pengembangan Sister City Surabaya dengan Liverpool. Terutama dari sisi pelayanan logistik”.

Dijelaskan bahwa kualitas layanan publik, termasuk jasa logistik dan layanan wisata menjadi pilar penting dalam hubungan kemitraan. Ujarnya: “Dari kerja sama Sister City ini, pelaku bisnis Jawa Timur juga didorong jadi pemain global. Pelabuhan Tanjung Perak terus meningkatkan produktivitasnya sebagai gerbang logistik ekspor-impor yang handal. Selain itu Terminal GSN juga menjadi gerbang wisata Surabaya, untuk menyambut wisman yang datang dengan kapal pesiar”.

Menanggapi hal tersebut, Gary Millar ungkapkan ketertarikannya agar Liverpool dan Surabaya, melalui Pelindo III, dapat berbagi pengetahuan terkait pengembangan pelabuhan dan wisata cruise. Katanya: “berbagi pengetahuan dan peningkatan kualitas SDM termasuk dalam Letter of Intent yang ditandatangani Walikota Surabaya Risma dan Walikota Liverpool Joe Anderson sebelumnya. Seperti Surabaya, Liverpool juga memiliki tradisi maritim yang panjang. Kami senang saat mengetahui bahwa Pelindo III memberi beasiswa ke belasan pegawainya lanjutkan studi di University of Liverpool dan Liverpool John Moores University (LJMU). Selain pendidikan, kini saatnya melihat kerjasama di bidang operasional terminal untuk kapal pesiar”.

Menurut Gary Millar Port of Liverpool, telah datangkan lebih seratus cruise kunjungi Kota Liverpool tiap tahunnya. Dari tiap cruise yang datang berpotensi beri manfaat hingga 1 juta poundsterling kepada perekonomian Inggris. Pengalaman baik ini bisa dibagi agar dapat mendatangkan lebih banyak lagi cruise ke Tanjung Perak dan pelabuhan-pelabuhan lain. Ari Askhara menyambut baik usulan tersebut. Ia katakan Indonesia memiliki banyak destinasi wisata yang layak ditawarkan ke operator cruise. ***AYUDHIA/Sub/Maritim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *