PERAIRAN ROTE DAN SUMBA RAWAN KECELAKAAN LAUT

  • Whatsapp

Jakarta  – maritim

PADA umumnya, wilayah perairan Rote dan Sumba, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan titik rawan kecelakaan laut karena arus lautnya yang keras ketika cuaca ekstrem melanda wilayah itu. Abram Benyamin Kolimon Kepala Kantor Search And Resqu-(SAR) Kelas A Kupang, katakan: “Berdasar pemetaan yang dilakukan SAR Kupang, tercatat  beberapa daerah di NTT sangat rawan terjadi kecelakaan laut yang umumnya berpotensi mengakibatkan korban jiwa”.

Lebih jauh dikatakan, kawasan perairan Rote, Sabu, Kupang dan Sumba merupakan wilayah yang rawan dengan kecelakan laut. Karena itu, fihaknya berharap agar para nelayan di daerah itu selalu waspada ketika melaut. Bila cuaca ekstrem agar tidak memaksakan diri melaut mencari ikan”.

Mengantisipasi terjadinya bencana alam selama cuaca ekstrem melanda daerah ini, menurut Kolimon, pada saat peralihan musim selalu diikuti peristiwa bencana alam hingga perlu adanya kesiap siagaan anggota SAR menghadapi cuaca ekstrem selama musim hujan melanda NTT.

“Semua anggota SAR sudah disiagakan, dan selalu siap diterjunkan dalam operasi pencarian dan penyelamatan korban yang mengalami musibah di laut selama musim hujan ini” ujar Kolimon.

Menurutnya dalam lakukan operasi pencarian dan pertolongan korban, SAR Kupang selalu berkordinasi dengan intansi lain seperti TNI, Kepolisian, BPBD, Tagana serta Pemda, hingga pelaksanaan operasi dapat berjalan cepat dan sukses.***LIES/Kug/Maritim

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *