KA SEMI CEPAT: AKAN PANGKAS LINTASAN SEBIDANG

  • Whatsapp

Jakarta – Maritim

PENGEMBANGAN Kereta Api (KA) Semi Cepat Jakarta-Surabaya merupakan proyek transportasi yang diharap menumbuhkan nilai-nilai baru, dengan dihilangkannya perlintasan sebidang. Langkah ini diprediksiakan mengakibatkan jarak dua kota utama di Pulau Jawa yang selama ini harus ditempuh dalam9-10 jam, akan dapat ditempuh dalam waktu 5 jam.

“Proyek ini semua adalah suatu hal-hal baru yang merupakan quantum leap dalam pelayanan transportasi di Indonesia,” kata Budi Karya Sumadi Menteri Perhubingandi sela-sela perayaan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang yang berlangsung di Bali Room, Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta.

Seperti diketahui, sampai saat ini terdapat ratusan lintasan KA sepanjang jalur antara Jakarta-Surabaya yang akan dilintasi KA Semi Cepat tersebut. Sebagian ada yang dijaga, dan sebagian lainnya tidak dijaga. Bahkan ada yang termasuk ketegori ilegal. Kesemuanya itu nantinya akan ditertibkan atau dihilangkan. Saat ini baru sebagian kecl yang sudah dibangun flyover atau underpass pada perlintasan KA sebidang tersebut.

Dikatakan, ada tiga proyek strategis transportasi kerjasama Indonesia – Jepang yang saat ini sedang dibangun dan dikembangkan untuk meningkatkan daya saing Indonesia di tingkat dunia. Jelasnya: “Ketiga proyek tersebut yakni MRT Jakarta, Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jabar dan Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya”.

Selanjutnya Menhub katakan, dengan proyek ini diharap ada nilai tambah tertentu yang bermanfaat untuk Indonesia. Contoh, seperti proyek MRT Jakarta yang akan mengubah wajah transportasi di Ibukota Jakarta, menjadi kota yang memiliki transportasi massal guna mengurangi bahkan menghilangkan kemacetan.

Untuk realisasi ketiga proyek tersebut, Menhub mengatakan bahwa tahun ini MRT Jakarta akan selesai, Pelabuhan Patimban ditargetkan tahun 2019 selesai, dan Proyek Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya akan dimulai tahun 2018 atau paling lambat 2019. Karenanya dalam 2-3 tahun mendatang semuaproyek akan selesai,hingga ada nilai tambah baru bagi Indonesia. ***MRT/2701

 

 

 

 

 

 

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *