MENGURAI ISOLASI DENGAN FAST BOAT

  • Whatsapp

Nusa Penida – Maritim

KAMIS (22/2/2018) lalu, skses Penyeberangan dari Pelabuhan Toya Pakeh, Nusa Penida menuju Kampung Kusamba kecamatan Dawan kembali dibuka. Hal ini ditandai dengan peluncuran perdana Semabu Hills Fast Boat, yakni kapal cepat berkapasitas 100 penumpang yang melayani jaur penyeberangan tersebut sebanyak 5 trip setiap harinya. perharinya. Peresmian pelayaran perdana diikuti Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Klungkung, I Wayan Sugiada, didampingi Camat Nusa Penida, Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, unsur Pimpinan Kecamatan bersama undangan lainnya. Menurut Sugiada, ini merupakan satu inovasi dan responsif masyarakat terkait meningkatnya kebutuhan jasa transportasi laut. Perkembangan pariwisata dan peningkatan perekonomian masyarakat di Nusa Penida harus dibarengi dengan fasilitas penunjang yang memadai. Salah satu faktor pendukungnya adalah tersedianya pelabuhan dan pelayanan transportasi penyeberangan yang cepat dan aman.

Read More

“Ini merupakan sinergi yang baik antara pemerintah, masyarakat dan dunia usaha. Dengan dibukanya kembali rute ini akan berdampak positif pada perkembangan pariwisata serta meningkatkan perekonomian masyarakat di Nusa Penida” ujar Plt Bupati Klungkung.

Secara terpisah, Musbahudin Perbekel Desa Kampung Toya Pakeh, menyatakan Pelabuhan Toya Pakeh di Nusa Penida merupakan pelabuhan tradisional tertua setelah Pelabuhan Mentigi. Menurutnya, keberadaan pelabuhan Toya Pakeh dalam beberapa tahun terakhir sempat sepi. Hal ini karena adanya pertumbuhan di bidang jasa penyeberangan yang dibangun dan dikembangkan di Kecamatan Nusa Penida. Ia mengaku bersyukur, berkat semangat salah seorang tokoh masyarakat asal Nusa Penida, Nengah Star, pelabuhan yang sebelumnya sepi kembali dibangkitkan.

Nengah Star pemilik Semabu Hills Fast Boat, mengaku melihat lamanya pelabuhan tidak berfungsi, berinisiatip membuka kembali penyeberangan lewat pelabuhan Kampung Toya Pakeh, yang diharap akan membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitar. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan konsumen, ia juga tengah merancang membuka rute Kampung Toya Pakeh-Sanur. Pungkasnya: “Ke depan kami akan berupaya memenuhi penambahan armada. Apalagi Nusa Penida sekarang sudah bangkit”.***ADIT/Dps/Maritim.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *