TANJUNGWANGI BONGKAR 10.422 TON KEDELAI IMPOR

  • Whatsapp

Banyuwang – Maritim.

AKHIR pekan lalu, Pelabuhan Tanjungwangi melakukan pembongkaran 10.422 kedelai impor  asal Amerika Serikat yang diangkut kapal berbendera Panama, “PAC Alnath”. Menurut Akbar Alamsyah Supervisor Pelayanan Terminal, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)/Pelindo III Cabang Tanjung Wangi: “Sudah tiga hari ini melakukan bongkar muat kedelai impor, untuk kebutuhan salah satu jenis bahan makanan yang diperlukan industri makanan Indonesia”.

Menurut Akbar Alamsyah, kapal ini sudah sandar kelima kalinya di Pelabuhan Tanjungwangi. Sebelumnya,pada taun 2017  telah sandar sebanyak 4 kali, sedang untuk tahun 2018 baru pertama kali ini.

 

Sementara itu, Lina Ratnasari General Manager Pelindo III Tanjungwangi mengatakan, dari lima kali kunjungan tersebut, “PAC Alnath” telah membongkar total kedelai impor sebanyak 80.000 ton.

Jelasnya: “Kami beri pelayanan maksimal terhadap kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Tanjungwangi, sesuai dengan ketentuan. Kedelai impor dari Amerika Serikat itu sebelumya telah diperiksa Balai Karantina Pertanian Provinsi Jawa Timur di Banyuwangi. Selain itu, kepabeanan juga lakukan pemeriksaan terhadap administrasi dan kelengkapan surat impor kedelai tersebut. Kapal ini sebelumnya telah sandar di Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap”.

Sementara itu Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi, selama periode triwulan 1 tahun 2018 telah disandari kapal asing sebanyak 10 unit. Sedangkan pada periode yg sama tahun 2017 hanya bersandar sebanyak 1 unit. Karenanya dapat disebutkan telah terjadi  peningkatan yang signifikan. ***AYUDHIA/Sub/Maritim

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *