DERMAGA CELUKANBAWANG SEGERA DIPERPANJANG

  • Whatsapp

Celukanbawang, Maritim

DERMAGA Pelabuhan CelukanBawang akan diperpanjang, dibarengi dengan membangun terminal penumpang untuk melayani peningkatan jumlah kunjungan kapal pesiar. Rio Dwi Santoso GM Pelindo III Celukanbawang jelaskan, pihaknya sudah siapkan angran Rp30 miliar untuk perpanjangan dermaga 30 meter dan pembangunan terminal penumpang kapasitas 700 orang senilai Rp3 miliar. Pembangunan dermaga direncanakan selesai tahun ini, dan terminal penumpang dibangun secara bertahap hingga 2019.

“Saat ini sedang dilakukan penyusunan disain untuk perpanjangan dermaga. Kemungkinan pada semester dua tahun ini, sudah mulai dapat dibangun dan pada tahun depan selesai,” tutur Rio Dwi Santoso yang juga jelaskan untuk periode Januari-Maret 2018, pelabuhan di Bali utara ini sudah dikunjungi 7 unit kapal pesiar kapasitas 300 hingga 3.000 orang. Namun, tak semua kapal dapat sandar di dermaga, karena panjang eksisting dermaga yang  hanya 220 meter. Beberapa kapal engan LOA 350 meter seperti “Genting Dream” hanya berlabuh.

Dijelaskan jika perpanjangan dermaga rampung dan terdapat tambahan breasting dolphin, maka kapal-kapal wisata kelas jumbo akan dapat sandar di Dermaga Celukanbawang yang didukung kedalaman hinggga -14 m.LWS. Menurutnya, penambahan itu diharap mampu memicu jumlah kapal yang sandar di pelabuhan selain Benoa, hingga mampu tumbuhkan keseimbangan industri pariwisata di Bali utara menyusul Bali selatan yang telah mapan.

Terkait itu, pihaknya berharap peranserta pemda untuk memperbaiki infrastruktur jalan menuju Pelabuhan Celukanbawang, serta mempercantik destinasi wisata. Rio menuturkan saat ini akses jalan ke pelabuhan banyak berlubang. Harapannya, Pemkab Buleleng segera memperbaiki akses jalan, agar angkutan wisata lebih nyaman ketika menjemput wisatawan. Destinasi wisata juga dinilai belum dikelola secara modern dan kurang variatif. Meskipun sudah banyak pelaku pariwisata mencari solusi, tetapi peran pemda diharap lebih nyata, hingga multiplier efek kedatangan kapal pesiar dapat dirasakan masyarakat.

Pungkas GM Pelindo Cabang Celukanbawang: “Kami berencana mengembangkan  fasilitas di pelabuhan, agar kapal lebih banyak datang ke Celukanbawang. Karena, terdapat dua faktor penyebab datangnya kapal wisata. Pertama tercukupinya fasilitas di pelabuhan dan kedua ketersediaan destinasiyang harus dikunjungi. Perbaikan fasilitas di pelabuhan tak akan bisa berdampak positip jika tak dibarengi improvement objek wisata. Demikian pula sebaliknya, destinasi yang bagus tanpa ada dukungan fasilitas di pelabuhan, juga tidak dapat menarik minat operator kapal pesiar”.***ERICK A.M.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *