PELABUHAN DI NTT FOKUS JADI GERBANG WISATA

  • Whatsapp

Kupang, Maritim

TERKAIT rencana penyerahan salah satu proyek pelabuhan di Provsi Nusa Tenggara Timur yang direkomendasikan untuk diserahkan ke Pemda dan dialihkan menjadi  pelabuhan pariwisata berlokasi di Kupang, proyek ini termasuk dalam 33  proyek konstruksi dalam pengerjaan (KDP) yang sering disebut proyek mangkrak. Irjen Kemenhub Perhubungan (Kemenhub)  Wahju Satrio Utomo saat diminta konfirmasi Jumat lalu, menjelaskankan: “Lokasinya sekitar 1 km dari Pelabuhan Tenau Kupang, NTT.  Pelabuhan tersebut tak ekonomis untuk dibangun menjadi pelabuhan niaga dan melayani kegiatan ekspor-impor”.

Menurutnya, agar tak picu kerugian negara, sebaiknya dialihkan menjadi pelabuhan wisata yang melayani kapal-kapal cruise. Ujar Irjen Kemenhub: “Pelabuhan tersebut proyek usulan dari Pemda NTT, tetapi di tengah pengerjaan tak dapat dilanjutkan karena berbagai alasan teknis. Pihak Pemda NTT terus meminta bantuan ke Pemerintah Pusat/Kemenhub”.

Berdasar pantauan Tim Irjen Kemenhub bersama pihak terkait seperti Kementerian PUPR, Kementerian LHK, Pemda dan lainnya disepakati pelabuhan tersebut  tak layak dilanjutkan.

Ungkap Irjen: “Pelabuhan yang memiliki kondii geografis an pantai yang indah itu akan lebih bermanfaat jika dikembangkan menjadi pelabuhan wisata, dan layak dikembangkan menjadi objek wisata unggulan di Tanah Air, sebagai destinasi wisata bahari, sejalan dengan program mengembangkan 10 objek wisata unggulan baru di Tanah Air”. ***(LIES/Kug/Maritim).

 

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *