LOAD FACTOR PENERBANGAN SUMENEP-SURABAYA 80%

  • Whatsapp

Sumenep -Maritim

KETERISIAN kursi (Loa Fctor) pesawat udara pada rute penerbangan komersial Sumenep  ke Surabaya, mulai menunjukkan angka relatif bagus. Jumlah penumpang pesawat Wings Air di rute Sumenep (Bandara Trunojoyo)-Surabaya (Bandara Internasional Juanda) selama catur wulan pertama tahun 2018 ini rerata mencapai 80% dari 72 kursi yang tersedia.

“Hingga pekan ketiga Mei ini pun, angkanya bagus. Bahkan, pada hari-hari tertentu, jumlah penumpangnya maksimal (71-72 orang),” kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Indra Triyantono di Sumenep, Madura, Jatim, Kamis (24/5/2018). Sebaliknya, rute Surabaya-Sumenep, jumlah pengguna jasa pesawat Wings Air selama empat bulan pertama tahun ini rerata mencapai di atas 70%.

Wings Air mulai menylnggrakan layanan penerbangan komersial di rute Surabaya-Sumenep dan sebaliknya pada 27 September 2017. Pesawat tipe ATR 72-600 milik Wings Air melayani penerbangan komersial di rute tersebut sekali dalam sehari, yakni Surabaya-Sumenep pada pukul 12.45 WIB dan Sumenep-Surabaya pada pukul 13.45 WIB.

“Jumlah rerata di atas 70% itu sudah bagus. Terkait itu, Wings Air pun telah mengajukan permohonan untuk menambah frekuensi penerbangan di rute Surabaya-Sumenep dan sebaliknya dari sekali menjadi dua kali sehari,” kata Indra.

Beberapa waktu lalu, Wings Air mengajukan permohonan penambahan jadwal penerbangan di rute Surabaya-Sumenep dan sebaliknya, yakni Surabaya-Sumenep pada pukul 06.30 WIB dan Sumenep-Surabaya pada pukul 07.30 WIB.

Namun, hingga sekarang, rencana penambahan frekuensi penerbangan di jalur Surabaya-Sumenep dan sebaliknya oleh Wings Air itu belum terealisasi. Di antara penyebabnya, Otoritas Bandara Internasional Juanda masih merumuskan mencari slot penebanan guna menindaklanjuti permohonan Wings Air.***AYU/Sub/Maritim

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *