4 TRUK KEBERSIHAN KADO HUT 725 SURABAYA

  • Whatsapp
Penyerahan 4 truk kebersihan di HUT 725 Surabaya

Surabaya, Maritim

PT PELABUHAN Indonesia III (Persero)/Pelindo III beri kado 4 unit truk kebersihan untuk Kota Surabaya pada Peringatan Hari Ulang Tahun yang ke-725 “Kota Buaya” itu. Secara simbolik serah terima dilaksanakan oleh Toto Heli Yano, Human Capital and General Affair Director Pelindo III kepada Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Kantor Pemkot Surabaya Kata Toto: “Kado 4 unit truk kebersihan dipilih karena memang selama ini Pelindo III, selalu erat bekerjasama dengan Pemkot Surabaya, mewujudkan Kota Surabaya yang bersih serta asri. Ini merupakan kelanjutan penyerahan 1 unit eskavator tahun 2016”.

Tri Rismaharini mengapresiasi kerja sama dengan berbagai perusahaan termasuk Pelindo III. Ujarnya:”Pelindo III sering kerjasama dengan Pemkot Surabaya. Kami sangat mengapresiasi atas pemberian dari Pelindo III yang bermanfaat bagi Kota dan warga Surabaya”.

Meskipun saat ini volume sampah di Surabaya berkurang dari 3.000 menjadi 1.200 ton per hari, Walikota akui fihaknya tetap perlukan sarana dan prasarana kebersihan. Rasio ideal kendaraan kebersihan, 1 eskavator didukung 6 truk. Maka dari 54 eskavator yang saat ini, idealnya didukung sekitar 300 truk. Tetapi saat ini baru tersedia 90 truk. Rasio tersebut akan memperngaruhi kinerja normalisasi saluran air. Saluran primer di Surabaya ada 12, belum termasuk saluran sekunder. Tiap tahun saluran itu minimal dikeruk 2 kali dan membutuhkan 3-4 unit eskavator.

Pada kesempatan itu Toto Heli Yanto katakan Pelindo III di Surabaya fokus mengembangkan Pelabuhan Tanjung Perak dengan konsep green port. Karenanya pelabuhan sebagai fitur bisnis kota harus sejalan dengan konsep besar: dengan kota yang hijau, maka pelabuhannya juga harus ‘green’, berkonsep ramah lingkungan. Sementara itu, Faruq Hidyat Corporate Secretary Pelindo III jelaskan, penyaluran bantuan sosial Pelindo III diberikan untuk berbagai bidang, tak hanya sektor kebersihan, tetapi juga dukungan untuk kegiatan keagamaan, kesehatan, kebutuhan pokok, kewirausahaan, hingga pariwisata. Meskipun Pelabuhan Tanjung Perak berlokasi di kota Surabaya, tetapi kawasan penyalurannya meliputi seluruh Jawa Timur. Sebelumnya telah disalurkan dana bergulir pinjaman lunak untuk 40 peternak sapi perah mitra binaan di Kabupaten Pasuruan, senilai Rp 1,7 miliar. Melalui anak usahanya, PT Terminal Petikemas Surabaya, telah membantu payung dan tenda wisata di Pantai Sembilan, Gili Genting, Kabupaten Sumenep, sekaligus melengkapi peralatan ibadah di surau setempat dan fasilitas wudlu.***AYU/Sub/Maritim

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *