ANGKUTAN LEBARAN LEWAT PADANGBAI NAIK TIPIS

  • Whatsapp

Padangbai Karangasem, maritim

Read More

SEPANJANG sepekan menjelang mudik lebaran, pelabuhan penyeberangan Padangbai – Lembar mengalami peningkatan jumlah penumpang sebanyak 5% per harinya dibanding hari-hari biasa. Menurut Kepala ASDP Padangbai I Wayan Rosta, peningkatan juga terjadi karena adanya penutupan dermaga dua. Hal itu disebabkan kerusakan pada salah satu bagiannya, hingga mengakibatkan aktivitas bongkar muat di dermaga Padangbai mengalami kepadatan. Ia menjelaskan proses perbaikannya sudah dilakukan sejak Senin (4/6) lalu yang berlangsung selama 36 jam. Kata Waan Rosta: Kalau kedua dermaga berfungsi maksimal, maka tak sampai terjadi kepadatan seperti hari-hari sebelumnya. Kalau tidak ada penutupan dermaga selama 36 jam, mestinya tidak ada antrian”.

Dari perhitungannya, Rosta mengklaim kepadatan tersebut terjadi karena 24 trip Kapal tidak berjalan selama perbaikan. Angka 24 trip tersebut diperoleh dari lamanya waktu dermaga tutup selama pengerjaan dengan waktu 90 menit untuk satu trip. Jadinya ia kalkulasikan terjadi antrian sebanyak 24 kapal yang sedang terjadi.

Kendati demikian, Rosta mengakui bahwa memang terjadi peningkatan jumlah penumpang sebanyak 5% per harinya dibanding hari biasanya, terhitung sejak 27 Mei 2018 hingga Minggu 3 Juni 2018 lalu. Sementara, untuk lonjakan jumlah penumpang Rosta memprediksi akan terjadi pada tanggal 8-9 Juni bertepatan dengan cuti bersama. Sedang puncak arus mudik biasanya terjadi menjelang H-3, dan arus balik diperkirakan akan terjadi pada tanggal 18, 19 dan 20 Juni 2018. ***ADIT/Dps/Maritim

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *